Pengaruh Net Sales (NS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mayora Indah Tbk. periode 2012-2021

Nurhayati, Ai (2023) Pengaruh Net Sales (NS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Mayora Indah Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perusahaan yang mampu menunjukkan dan membuktikan keberhasilannya dalam memasarkan produknya sampai ke skala global yaitu PT. Mayora Indah Tbk. Untuk mencapai keberhasilan tersebut tentunya perusahaan harus meningkatkan kualitas produk serta meningkatkan penjualannya sebaik mungkin, karena penjualan atau Net Sales merupakan faktor penentu atas perolehan laba yang optimal. Selain itu juga perusahaan membutuhkan sumber modal yang besar agar produktivitas perusahaan bisa beroperasi dalam jangka waktu yang panjang. Disisi lain dalam laporan keuangan tahunan terlihat Return On Assets (ROA) mengalami perubahan yang fluktuatif. Salah satunya yang dapat mempengaruhi Return On Assets (ROA) berubah adalah Net Sales (NS) dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Sales (NS) dan Debt to Equity ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) secara parsial maupun simultan pada PT. Mayora Indah Tbk. Periode 2012-2021. Konsep dan teori dalam penelitian ini menyatakan bahwa Net Sales (NS) berpengaruh positif terhadap Return On Assets (ROA), artinya jika Net Sales (NS) naik maka Return On Assets (ROA) mengalami kenaikan juga, sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA) yang artinya jika nilai Debt to Equity Ratio (DER) naik maka Return On Assets (ROA) akan turun. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasikan PT. Mayora Indah tbk. Periode 2012-2021. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regeresi linier sederhana dan regresi linier berganda, analisis korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, analisis koefisien determinasi, dan analisis uji hipotesis (Uji t dan Uji F). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial Net Sales (NS) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA), dengan nilai thitung < ttabel (0,132 < 2,306). Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Retun On Assets (ROA) dengan nilai thitung < ttabel (-0,760 < 2,306). Kemudian secara simultan Net Sales (NS) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai Fhitung < Ftabel (1,140 < 4,74). Besarnya kontribusi Net Sales (NS) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) yaitu sebesar 24,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Sales (NS); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Assets (ROA);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ai Nurhayati
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:04
Last Modified: 17 Jul 2023 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71146

Actions (login required)

View Item View Item