Literasi lingkungan masyarakat dalam program Sungai Citarum Harum di Sektor Lima : Penelitian di Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Astuti, Devi Aini Wahyuni (2023) Literasi lingkungan masyarakat dalam program Sungai Citarum Harum di Sektor Lima : Penelitian di Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perhatian lebih peneliti terhadap literasi lingkungan masyarakat dalam program sungai Citarum Harum di sektor lima. Citarum Harum dilatar belakangi sebagai program penanggulangan pencemaran pada sungai Citarum, Citarum Harum membawa masyarakat untuk memiliki semangat, kesadaran dan peduli terhadap lingkungan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman literasi lingkungan masyarakat terhadap program sungai Citarum Harum di sektor lima dan juga untuk mengetahui pola perilaku ekologis masyarakat yang tinggal di sekitaran bantaran sungai Citarum di sektor lima. Pada penelitian ini peneliti menggunakan Teori Planned Behaviour yang diperkenalkan oleh Ajzen Theory of Planned Behavior mengenai perilaku spesifik dalam diri individu. Dengan menggunakan teori ini, penelitian akan menunjukkan bagaimana suatu tindakan perilaku individu yang memiliki makna atau pola perilaku dan ditujukan bentuknya terhadap program Citarum Harum di sektor lima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan literasi lingkungan masyarakat dalam program sungai citarum harum di sektor lima. Sumber data primer dalam penelitian ini sebanyak 11 orang informan dengan latar belakang ekonomi dan pendidikan yang berbeda beda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Lokasi penelitian di Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Literasi lingkungan pada masyarakat Desa Tegalluar ditandai dengan bukan hanya sebatas memiliki pengetahuan lingkungan, tetapi juga memiliki sikap tanggap dan bertanggung jawab lingkungan, serta mampu memberikan solusi atas isu-isu lingkungan. Kemampuan literasi lingkungan sangat diperlukan didalam masyarakat Desa Tegalluar demi mewujudkan masyarakat yang berwawasan lingkungan, serta sadar akan arti ekologi dan lingkungan bagi keberlangsungan hidup masyarakat Desa Tegalluar. Pola perilaku masyarakat dalam program Citarum Harum di Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung tergolong pada paola perilaku masyarakat yang aktif. Hal tersebut dapat terlihat dari keterlibatan masyarakat berpartisipasi pada setiap kegiatan lapangan program Citarum Harum, seperti dalam pengangkatan sampah yang dlakukan masyarakat, ikut berpartisipasi pada pembersihan TPS bersama petugas Citarum Harum, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lietasi Lingkungan; Masyarakat; Program Citarum Harum
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Devi Aini Wahyuni Astuti
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:27
Last Modified: 17 Jul 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71179

Actions (login required)

View Item View Item