Pemberdayaan ekonomi Pengrajin Gula Aren oleh Kelompok Masyarakat Kampung Cipari Desa Kertanegla Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya

Maolana, Dicky (2023) Pemberdayaan ekonomi Pengrajin Gula Aren oleh Kelompok Masyarakat Kampung Cipari Desa Kertanegla Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan adalah proses sebaris aktivitas yang ditujukan untuk memberdayakan serta memberdayakan kumpulan rentan dalam masyarakat, tercatat mereka yang mengalami kemunduran. Pemberdayaan mengacu kepada kondisi atau hasil yang digapai melalui perubahan sosial. Artinya, orang yang berjasa, orang yang mendapatkan kekuatan, atau orang yang secara fisik, finansial, atau percaya diri akan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mandiri dalam mencari nafkah, bersosialisasi dalam aktivitas sosial, serta melakukan tanggungan kehidupan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemberdayaan ekonomi yang dilakukan kelompok masyarakat Kampung Cipari terhadap pengrajin gula aren di Kampung Cipari, 2) faktror yang mempengaruhi pemberdayaan ekonomi pengrajin gula aren oleh kelompok masyarakat Kampung Cipari, 3) strategi yang digunakan dalam Pemberdayaan Ekonomi Pengrajin Gula Aren Oleh Kelompok Masyarakat Kampung Cipari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pemberdayaan Usman dalam Mulyono (2012:30). Teori pemberdayaan ini menjelaskan proses pembelajaran masyarakat untuk mengeluarkan potensi dirinya secara maksimal sehingga dapat berpartisipasi dalam pembangunan. Sebagai proses belajar peningkatan kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk memahami dan mengendalikan kekuatan sosial, ekonomi, dan/atau politik dalam rangka meningkatkan posisinya di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, bertujuan untuk mengkaji suatu fenomena sosial secara lebih mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan: pengamatan langsung, wawanacara, dan dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Teknik analisis data diawali dengan reduksi data , display data, kesimpulan. Tempat penelitian ini di Kampung Cipari Desa Kertanegla Kecamatan Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian menujukan bahwa : 1) kondisi pemberdayaan ekonomi pengrajin gula aren oleh kelompok masyarakat Kampung Cipari berorientasi pada pengrajin gula aren juga masyarakat atau petani sejauh ini sudah baik dengan berkat regulasi yang di terapkan pemerintah Desa dan juga atas kemitraan yang di jalankan oleh kelompok Masyarakat. 2) faktor yang mempengaruhi pemberdayaan ekonomi pengrajin gula aren diatasi oleh adanya pengembangan kapasitas dari pada kelompok masyarakat dan para pengrajin gula aren. 3) gerakan sosial digunakan sebagai strategi dalam pemberdayaan ini, guna meningkatkan minat masyarakat terhadap pemberdayaan khususnya dalam sektor pertanian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; Pengrajin Gula Aren; Kelompok Masyarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Groups
System of Government and States
Administration of Economy > Administration of Agriculture
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Maolana Dicky
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:51
Last Modified: 17 Jul 2023 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71189

Actions (login required)

View Item View Item