Bimbingan akhlak melalui lagu dan video klip di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Purnama, Gina Bulan (2023) Bimbingan akhlak melalui lagu dan video klip di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid Cipadung Wetan Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Zaman semakin maju dan berkembang, media komunikasi dan informasi sangat mudah untuk diakses ditambah dengan pergaulan bebas anak muda saat ini yang mulai mengkhawatirkan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap akhlak anak muda. Maka dari itu perlu suatu solusi untuk mengatasi kemerosotan akhlak anak muda salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan bimbingan akhlak. Agar para anak muda tertarik dalam mengikuti bimbingan akhlak maka bimbingan akhlak tersebut dapat menggunakan media yang sedang anak muda gandrungi yaitu lagu dan video klip, hal ini pula sebagai suatu pemanfaatan teknologi dalam kegiatan bimbingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, dan hasil yang dicapai dalam bimbingan akhlak melalui lagu dan video klip terhadap santri Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan prinsip dasar konstruktivisme. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis, program bimbingan akhlak melalui lagu dan video klip di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid telah memenuhi aspek-aspek yang diperlukan dalam melakukan bimbingan yaitu: rasional, visi dan misi, deskripsi kebutuhan, tujuan program, rencana operasional atau kegiatan, sasaran program, personil pelaksana program, materi, media dan alat pendukung, juga evaluasi. (2) Proses bimbingan akhlak di Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid melalui dua tahap yaitu pra-bimbingan dan bimbingan, pada tahap bimbingan terdiri dari 3 yaitu early stage, middle stage dan final stage. (3) Berdasarkan hasil wawancara tertulis dengan angket, diperoleh hasil bahwa santri Pondok Pesantren Salafy Ar-Raaid sebagian besar telah menerapkan materi bimbingan akhlak melalui lagu dan video klip dalam kehidupan sehari-hari, yaitu aspek hablumminallah dan hablumminannas, hal ini dibuktikan dengan santri selalu melaksanakan shalat 5 waktu, berusaha untuk tidak mengeluh ketika mendapat cobaan, selalu berdo’a kepada Allah, berbakti terhadap orang tua, memuliakan guru, serta menjaga perbuatan dan lisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Akhlak; Lagu; Video Klip;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Specific Fields of Photography > Video Production, Television Photography
Vocal Music > Songs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Gina Bulan Purnama
Date Deposited: 17 Jul 2023 00:46
Last Modified: 17 Jul 2023 00:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71195

Actions (login required)

View Item View Item