Pengaruh bimbingan keagamaan terhadapan perilaku keagamaan penggemar Korean Pop Muslim : Penelitian terhadap alumni Xtraordinary School di youtube XK-Wavers

Wahyudiny, Eza (2023) Pengaruh bimbingan keagamaan terhadapan perilaku keagamaan penggemar Korean Pop Muslim : Penelitian terhadap alumni Xtraordinary School di youtube XK-Wavers. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB)
[img] Text (ABSTR)
2_abstrak.pdf

Download (104kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Korean pop merupakan budaya populer yang dihasilkan dari globalisasi, menurut laporan Korea Foundation, fenomena ini memiliki 90 juta penggemar di seluruh dunia. Laporan itu menunjukan Korean Pop banyak disukai. Kekhawatiran muncul dari budaya yang dibawa Korean pop mempengaruhi budaya, bahkan agama di Indonesia. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh bimbingan keagamaan terhadap perilaku keagamaan penggemar Korean pop muslim alumni xtraordinary school. Pemikiran Miller (I. Djumhur dan Moh. Surya: 1975) mengartikan bimbingan sebagai proses bantuan terhadap individu/ kelompok, sedangkan bimbingan keagamaan adalah upaya membantu individu/ kelompok belajar mengembangkan fitrah-iman. Perilaku beragama diartikan sebagai perbuatan seseorang sesuai dengan derajat ketaatannya terhadap agama. Penggemar Korean pop adalah seseorang yang menyukai musik asal Korea Selatan. Metode penelitian yang digunakan regresi linear sederhana, karena pada penelitian ini terdapat satu variabel X. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi partisipasi, pengumpulan data kuesioner tertutup dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh Y= 23.218 + 6.059X, dengan sig 0.018 < 0.05, dapat disimpulkan variabel X berpengaruh terhadap Y; uji koefisien determinasi diketahui R-square=0.018 (8.1%) menunjukan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 8.1% terhadap Y; dari hasil uji F diketahui f- hitung 947.478 dengan nilai sig 0.018 < 0.05 maka ada pengaruh antara X dan Y; untuk uji T diketahui t-hitung sebesar 2.432 dengan t-tabel 0.361 maka t-hitung > t-tabel, maka H1 diterima. Hasil uji menunjukan bahwa didalam penelitian ini terdapat pengaruh bimbingan keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan; keagamaan; perilaku; penggemar Korean pop
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Eza Wahyudiny
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:19
Last Modified: 17 Jul 2023 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71202

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item