Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian terhadap siswa kelas X IPS MAN 2 Kota Bandung

Herawati, Euis (2023) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran akidah akhlak : Penelitian terhadap siswa kelas X IPS MAN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MAN 2 Kota Bandung, diperoleh informasi bahwasanya pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Bandung sudah dilaksanakan secara optimal sesuai dengan prosedurnya. Seharusnya siswa memberikan respon positif saat pembelajaran berlangsung. Akan tetapi pada kenyataannya respon siswa saat pembelajaran berlangsung tidak semua siswa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN 2 Kota Bandung. Berdasarkan teori yang ada, tanggapan dapat mempengaruhi hasil belajar. Tanggapan siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada aspek psikologis yang termasuk ke dalam faktor internal siswa. Tanggapan akan menghadirkan respon siswa untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas X IPS di MAN 2 Kota Bandung berjumlah 64 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; analisis aparsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh : 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning termasuk dalam kategori positif dengan nilai rata-rata 3,81 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 76,40 yang berada pada interval 70 – 79. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan model Contextual Teaching and Learning dengan hasil belajar kognitif siswa di MAN 2 Kota Bandung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 0,50 yang berada pada interval 0,40 – 0,59. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar sebesar 25%. Hasil uji hipotesis t_hitung 4,55 ≥ t_tabel 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Model Contextual Teaching and Learning; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Euis Herawati
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:37
Last Modified: 17 Jul 2023 03:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71217

Actions (login required)

View Item View Item