Fungsi perencanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas santri berbasis kewirausahaan: Penelitian di Pondok Pesantren Roudotul Quran Al-Yusufi Garut

Fauzan, Mochamad (2022) Fungsi perencanaan Pondok Pesantren dalam meningkatkan kualitas santri berbasis kewirausahaan: Penelitian di Pondok Pesantren Roudotul Quran Al-Yusufi Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren terus berbenah diri dan meningkatkan kualitas pendidikan.Tak terkecuali untuk melatih para santri dalam pendidikan kewirausahaan. Salah satu indikator munculnya basis kewirausahaan di pondok pesantren, ditandai dengan banyaknya santri yang memerlukan aktivitas usaha maupun belajar mengembangkan jiwa kewiraushaan. dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan sifat kewirausahaan santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Al-yusufi, membekali santrinya dalam berbagai keterampilan yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran entreprenuership kepada santri.Untuk itu pengurus kewirausahaan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Al-yusufi menyadari untuk merancang dalam kegiatan yang berkualitas tepat sasaran dan tepat manfaat diperlukan perencanaan yang matang Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peramalan (forecasting), penetapan tujuan (establishing objective), penjadwalan (scheduling) dan penganggaran (Budgeting) program kegiatan kewirausahaan dalam meningkatkan kualitas santri. Penelitian ini menggunakan teori Louis A. Allen bahwa fungsi perencanaan terdiri dari 7 fungsi yaitu Forecasting, Establishing Objective, Programming, Scheduling, Budgeting, Developing Procedure, Establishing and interpreting policies. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan peramalan yang digunakan yaitu peramalan permintaan atau demand forecast dengan metode forecasting kualitatif menggunakan teknik survei pasar untuk mengetahui kondisi objektif masyarakat dalam merancang program. Data dari kondisi objektif tersebut diolah menggunakan teknik konsensus dan personal insight. Penetapan tujuan diawali dengan menetapkan tujuan pokok kemudian pimpinan mengikut sertakan setiap bagian untuk menetapkan tujuan kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya. Penjadwalan kegiatan dibagi menjadi program yang dilakukan secara continue (terus-menerus. Dalam penjadwalan faktor permintaan, kebutuhan masyarakat dan SDM diperhatikan. Jumlah anggaran setiap anggaran selalu disesuaikan dengan keuangan yang tersedia dan laporan selalu terinci sebagai bentuk transparansi kepada pimpinan dan pihak terkait. Dari fungsi perencanaan yang dilakukan oleh pengurus Kewirausahaan Pondok Pesantren Roudlotul qur’an Al-yusufi melalui tahap-tahap tersebut dapat meningkatkan kualitas, pengembangan dan kemajuan santri di Podok Pesantren Roudlotul Quran Al-Yusufi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Perencanaan; Kewirausahaan; Kualitas santri.
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Administration of Economy > Administration of Commerce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Fauzan Mochamad
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:56
Last Modified: 17 Jul 2023 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71219

Actions (login required)

View Item View Item