Pengaruh Financing to Deposit ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Gross terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Panin Dubai Syariah periode 2012-2021

Sidiq, Muhammad (2023) Pengaruh Financing to Deposit ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) Gross terhadap Return On Assets (ROA) pada PT Bank Panin Dubai Syariah periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penyebaran virus corona yang terjadi di Indonesia yang memberikan dampak negatif bagi semua sektor tidak terkecuali sektor perbankan. Dengan adanya penyebaran virus corona ini memberikan resiko tingginya pembiayaan bermasalah karena keadaan ekonomi masyarakat yang sulit. Bank menjadi lembaga intermediasi yang mana salah satu fungsinya adalah menyalurkan dana. Bank perlu memperhatikan kegiatan penyaluran dananya yang dapat dilihat dari rasio Financing to Deposit Ratio. Bank juga perlu berhati-hati dalam memberikan pembiayaan agar resiko pembiayaan bermalasah atau Non Performing Financing Gross tidak terlalu tinggi. Adapun untuk mengetahui kemampuan Bank dalam menghasilkan keuntungan dapat dilihat dari rasio Profotabilitas Return On Assets. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh FDR terhadap ROA secara parsial pada Bank Panin Dubai Syariah; mengetahui bagaimana pengaruh NPFGross terhadap ROA secara parsial pada Bank Panin Dubai Syariah; mengetahui bagaimana hubungan FDR dan NPFGross terhadap ROA secara Simultan. Kerangka berpikir penelitian ini adalah FDR mempengaruhi ROA dengan pengaruh perubahan yang searah atau berhubungan positif, artinya apabila FDR naik maka ROA pun akan naik begitupun sebaliknya. Dan NPFGross mempengaruhi ROA dengan pengaruh perubahan yang berlawanan arah atau berhubungan negatif, artinya jika NPFGross naik maka ROA akan turun begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder time series yang diambil dari laporan keuangan triwulan PT Bank Panin Dubai Syariah. Analisis data yang digunakan ialah Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Uji Asosiatif, dan Analisis Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial FDR berpengaruh signifikan terhadap ROA dan memiliki hubungan yang positif, nilai koefisien b dalam regresi sederhana sebesar 0,056, nilai korelasi sederhana 0,379, nilai R square 14,4% serta nilai thitung > ttabel (2,526 > 2,024) dengan nilai signifikasi 0,016 < 0,05, secara parsial NPFGross berpengaruh signifikan terhadap ROA dan memiliki hubungan yang negatif, nilai koefisien b dalam regresi sederhana sebesar -5,30, nilai korelasi sederhana -0,613, nilai R square 37,5% serta nilai thitung < -ttabel (-4,779 < -2,024) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, secara simultan FDR dan NPFGross berpengaruh signifikan terhadap ROA, nilai koefisien b1 0,015 dan b2 -0,486, nilai korelasi berganda 0,619, nilai R square 38,3% serta nilai fhitung dan ftabel yaitu 11,505 > 3,25 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR); Non Performing Financing (NPF) Gross; Return On Assets (ROA);
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Sidiq
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:31
Last Modified: 20 Jul 2023 04:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71227

Actions (login required)

View Item View Item