Terapi Ruqyah dalam menyembuhkan penyakit 'Ain : Studi kasus terapi Ruqyah Aswaja Cabang Kabupaten Bandung

Falah, Khoirul (2023) Terapi Ruqyah dalam menyembuhkan penyakit 'Ain : Studi kasus terapi Ruqyah Aswaja Cabang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Psikoterapi dalam ruang lingkup Islam merupakan proses penyembuhan dan pengobatan baik fisik maupun non fisik, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa ada suatu penyakit yang sangat mematikan bahkan banyak yang meninggal karena penyakit tersebut selain karena qodarnya Allah. `Ain nama penyakit yang di maksud oleh Rasul timbul sebab dari pujian seseorang yang berhasad pada diri pemuji, akan tetapi `ain bisa juga timbul karena hanya sebatas pujian namun tidak di sertai menyebut asma Allah. Ruqyah Syar`iyyah menjadi satu-satunya anjuran dari Rasul untuk menyembuhkan penyakit `ain, hal tersebut di ungkapkan beliau di beberapa hadits shohih. Salah satu komunitas yang sudah ahli dalam bidang ruqyah syar`iyyah yaitu Jam`iyyah Ruqyah Aswaja yang ada di Kabupaten Bandung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui metode dan praktik ruqyah dalam menyembuhkan penyakit `ain dalam ruang lingkup kasus-kasus tentang penyakti `ain di komunitas Jam`iyyah Ruqyah Aswaja. Selain itu, di tinjau pula hasil dari pada praktek yang di lakukan oleh komunitas tersebut terhadap pasien-pasien yang pernah mengalami penyakit `ain. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dan pengolahan datanya menggunakan metode studi kasus. Untuk memperoleh data yang maksimal peneliti melakukan observasi dan juga wawancara kepada dua praktisi dan juga dua pasien kemudian data di lapangan di olah menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini menemukan bahwa memang benar penyakit `ain bisa terjadi hanya karena sebuah pujian, efek yang di terima korban biasanya terjadi sakit-sakitan secara berkala. Selain itu, tubuh terlihat kurus, wajah pucat, sakit kepala dari satu sisi ke sisi lain dan sering bersendawa. Secara garis besar metode terapi ruqyah yang di lakukan komunitas tersebut terhadap pasiennya bisa menjadikan terapi untuk menyembuhkan penyakit `ain, dengan metode ruqyah syariyyah dimana bacaan dan doa-doanya bersumber dari Al-Qur`an dan juga hadits selama kurang lebih 41 hari. Seusai terapi di anggap selesai, maka terapis lebih menyarankan agar tidak terlalu mengumbar kenikmatan, memajang foto di media sosial dan bila adayang memuji hendaknya sebagai seorang muslim mengucapkan syukur kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ruqyah Syar'iyyah; Penyakit 'Ain; Al-Qur'an;
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Medicine and Health
Diseases
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Khoirul Falah
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:56
Last Modified: 17 Jul 2023 01:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71238

Actions (login required)

View Item View Item