Tindakan sosial komunitas senyum anak nusantara dalam upaya meningkatkan budaya literasi anak-anak: Penelitian pada Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Bandung di Yayasan Ikhwanul Iman Kelurahan Cipadung Wetan

Rizki, Ahda Ghassani Fathur (2023) Tindakan sosial komunitas senyum anak nusantara dalam upaya meningkatkan budaya literasi anak-anak: Penelitian pada Komunitas Senyum Anak Nusantara Chapter Bandung di Yayasan Ikhwanul Iman Kelurahan Cipadung Wetan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Kebiasaan buruk anak-anak bermain handphone membuat anak-anak cenderung malas membaca buku. Hal ini yang membuat literasi anak-anak menurun, serta kurangnya peran orang tua untuk mendampingi dan mengawasi anak-anaknya. Hadirnya program Taman Baca dan Sekolah Nusantara ini dapat menjadi wadah untuk menyalurkan kegiatan anak-anak yang lebih bermanfaat. Melalui Taman Baca ini sebagai proses pembiasaan anak-anak terhadap buku bacaan sebagai upaya meningkatkan budaya literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindakan sosial yang dilakukan oleh Komunitas Senyum Anak Nusantara Bandung dalam meningkatkan budaya literasi anak-anak. Mengungkapkan faktor pendorong komunitas mendirikan Taman Baca dan Sekolah Nusantara serta bagaimana program Taman Baca dan Sekolah Nusantara itu berlangsung. Peneliti juga berusaha mengungkapkan hasil capaian dari program tersebut sebagai upaya meningkatkan budaya literasi. Penerapan teori tindakan sosial Max Weber dalam penelitian ini membantu memahami motivasi, nilai-nilai, dan tujuan individu di dalam komunitas dalam melakukan tindakan sosial tertentu. Teori ini juga mengungkapkan adanya faktor-faktor sosial yang mempengaruhi tindakan sosial Komunitas Senyum Anak Nusantara, seperti keyakinan akan pentingnya literasi dalam pembangunan anak-anak. Melalui metode penelitian kualitatif, penelitian ini dapat memberikan gambaran yang mendalam tentang praktik komunitas Senyum Anak Nusantara Bandung dalam meningkatkan budaya literasi anak-anak. Dalam pengumpulan data, Teknik yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Baca dan Sekolah Nusantara memfasilitasi anak-anak dengan adanya rak buku yang berisi berbagai macam buku dan kegiatan membaca sedangkan faktor komunitas mendirikan Taman Baca dan Sekolah Nusantara dikarenakan adanya kesadaran komunitas mengenai pentingnya literasi dan melihat adanya kebiasaan buruk bermain handphone pada anak-anak yang berdampak pada menurunnya minat baca, maka dari itu komunitas berupaya membangun program ini guna meningkatkan budaya lliterasi pada anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Literasi; Taman Baca dan Sekolah Nusantara; Tindakan Sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Culture and Institutions
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ahda Ghassani Fathur Rizki
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:02
Last Modified: 17 Jul 2023 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71239

Actions (login required)

View Item View Item