Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Current Ratio (CR) Terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. BISI International Tbk. Periode 2012-2022

Nur Apifah, Resti (2023) Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Current Ratio (CR) Terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. BISI International Tbk. Periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Current Ratio (CR) Terhadap Net Profit Margin (NPM) Pada PT. BISI International Tbk Periode 2012-2022. Rasio ialah suatu alat untuk mengukur suatu hubungan secara matematis antara suatu jumlah dengan jumlah yang lain. Total Asset Turnover merupakan rasio aktivitas yang memiliki fungsi untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan penjualan dengan memanfaatkan asset yang dimilikinya. Current Ratio termasuk ke dalam rasio Likuiditas yang dapat mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka pendeknya. Sedangkan, Net Profit Margin merupakan rasio Profitabilitas yang berfungsi untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan atau laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Total Asset Turnover (TATO) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), juga seberapa besar pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM). Dan seberapa besar pengaruh Total Asset Turnover (TATO) dan Current Ratio (CR) secara simultan Terhadap Net Profit Margin (NPM). Metode yang digunakan penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder runtutan waktu (time series) data yang diperoleh dari laporan keuangan PT. BISI International Tbk Periode 2012-2022. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, serta uji asosiatif dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows 26.0 dan Microsoft Excel 2010 sebagai penunjang dalam pengolahan data. Hasil Penelitian menunjukan Total Asset Turnover (TATO) tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t_hitung < t_tabel 1,071 < 2,262) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan Current Ratio (CR) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t_hitung < t_tabell (0,135 < 2,262) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dan hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa antara Total Asset Turnover (TATO) dan Current Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil nilai F_hitungdan F_tabelyaitu 2,403 < 4,466 pada PT. BISI International Tbk Periode 2012-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Total Asset Turnover (TATO);Current Ratio (CR);Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Resti Nur Apifah
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:55
Last Modified: 17 Jul 2023 05:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71258

Actions (login required)

View Item View Item