Hasanah, Syifa Nur (2023) Pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) anak didik : Penelitian terhadap anak didik kelas 4 Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah, Kelurahan Sekejati Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (16kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
Abstract
Perilaku prososial sering kita jumpai dimanapun dan kapanpun. Perilaku prososial merupakan suatu tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa harus menyediakan suatu keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut. Perilaku manusia juga dapat dipengaruhi oleh faktor besar yaitu internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap perilaku prososial (prosocial behavior) anak didik di SD Islam Az�Zakiyah, Kota Bandung. Berlandaskan pada beberapa indikator variabel bimbingan pribadi sosial dengan berbagai aspek diantaranya unsur-unsur yang terdapat dalam senuah bimbingan, seperti konselor/konseli, materi, media dan metode. Adapaun indikator pada variabel perilaku prososial (prosocial behavior) dengan berbagai aspek yang meliputi: (1) menolong (helping); (2) berbagi (sharing); (3) Menghibur (comforting); serta (4) bekerjasama (cooperating). Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 43 siswa. Teorinya didalam penelitian ini menggunakan teori bimbingan pribadi sosial menurut Santoso yang menyatakan bahwa bimbingan Pribadi sosial umumnya ialah sebuah layanan konseling yang ditujukan dalam rangka membantu individu dalam mengembangkan potensi dirinya agar ia mampu mengenal dengan baik lingkungan di sekitarnya dalam berinteraksi dengan penuh tanggung jawab. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data skala likert melalui pengisian angket. Informan dalam pengisian angket dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas 4 di SD Islam Az-Zakiyah, Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukan bahwa bimbingan pribadi sosial dapat mempengaruhi perilaku prososial dengan nilai signifikansi (r=0,308 p=0,000 < 0,05) dan hasil KD = 14,4% yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan pribadi sosial terhadap perilaku prososial anak didik kelas 4 SD Islam Az�Zakiyah, Kota Bandung. Sedangkan sisa dari persentasenya dapat dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Pribadi Sosial; Perilaku Prososial |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Syifa Nur Hasanah |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 01:29 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 01:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71265 |
Actions (login required)
View Item |