Pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) anak didik : Penelitian terhadap anak didik kelas 4 Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah, Kelurahan Sekejati Kecamatan Buahbatu Kota Bandung

Hasanah, Syifa Nur (2023) Pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) anak didik : Penelitian terhadap anak didik kelas 4 Sekolah Dasar Islam Az-Zakiyah, Kelurahan Sekejati Kecamatan Buahbatu Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prososial sering kita jumpai dimanapun dan kapanpun. Perilaku prososial merupakan suatu tindakan menolong yang menguntungkan orang lain tanpa harus menyediakan suatu keuntungan langsung pada orang yang melakukan tindakan tersebut. Perilaku manusia juga dapat dipengaruhi oleh faktor besar yaitu internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan pribadi sosial terhadap perilaku prososial (prosocial behavior) anak didik di SD Islam Az�Zakiyah, Kota Bandung. Berlandaskan pada beberapa indikator variabel bimbingan pribadi sosial dengan berbagai aspek diantaranya unsur-unsur yang terdapat dalam senuah bimbingan, seperti konselor/konseli, materi, media dan metode. Adapaun indikator pada variabel perilaku prososial (prosocial behavior) dengan berbagai aspek yang meliputi: (1) menolong (helping); (2) berbagi (sharing); (3) Menghibur (comforting); serta (4) bekerjasama (cooperating). Adapun subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 43 siswa. Teorinya didalam penelitian ini menggunakan teori bimbingan pribadi sosial menurut Santoso yang menyatakan bahwa bimbingan Pribadi sosial umumnya ialah sebuah layanan konseling yang ditujukan dalam rangka membantu individu dalam mengembangkan potensi dirinya agar ia mampu mengenal dengan baik lingkungan di sekitarnya dalam berinteraksi dengan penuh tanggung jawab. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data skala likert melalui pengisian angket. Informan dalam pengisian angket dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas 4 di SD Islam Az-Zakiyah, Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukan bahwa bimbingan pribadi sosial dapat mempengaruhi perilaku prososial dengan nilai signifikansi (r=0,308 p=0,000 < 0,05) dan hasil KD = 14,4% yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan pribadi sosial terhadap perilaku prososial anak didik kelas 4 SD Islam Az�Zakiyah, Kota Bandung. Sedangkan sisa dari persentasenya dapat dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial; Perilaku Prososial
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Syifa Nur Hasanah
Date Deposited: 24 Jul 2023 01:29
Last Modified: 24 Jul 2023 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71265

Actions (login required)

View Item View Item