Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) : Study di PT.United Tractors tbk periode 2012-2022

Putri Sugiono, Nabillah (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syari’ah Indonesia (ISSI) : Study di PT.United Tractors tbk periode 2012-2022. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan investor yang menggunakan profitabilitas sebagai tolak ukur untuk mempresentasikan besaran keuntungan yang akan diperoleh dari menginvestasikan asetnya pada suatu perusahaan yang tercermin dalam Return On Equity (ROE). Current Ratio (CR) mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang jangka pendekmya dengan menggunakan asset lancar, sedangkan Net Working Capital (NWC) merupakan modal kerja bersih dan mendanai operasi sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), pengaruh Net Working Capital (NWC) secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), dan pengaruh Curent Ratio (CR) dan Net Working Capital secara simultan terhadap Return On Equity (ROE); pada PT. United Tractor Tbk. Periode 2012-2022. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa semakin tinggi Current Ratio dan Net Working Capital, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Equity yang dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder runtutan waktu (time series) yang berupa laporan keuangan pada PT. United Tractor Tbk. Periode 2012-2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, serta uji asosiatif dan untuk pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS For Windows 26.0 dan Microsoft Excel 2013 sebagai penunjang dalam pengelolaan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio (CR) di PT. United Tractor Tbk. secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Eqity (ROE) yang dibuktikan dengan t_hitung > t_tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Menunjukan bahwa pemberlakuan nisbah qardh yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah. Sedangkan secara parsial Net Working Capital (NWC) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) dibuktikan dengan t_hitung < t_tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Menunjukkan bahwa pemberlakuan nisbah mudharabah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah. Dan hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Current Ratio (CR) dan Net Working Capital (NWC) berpengaruh signifikan terhadap Return On Equity (ROE) PT. United Tractor Tbk periode 2012-2022. Hal ini membuktikan bahwa pemberlakuan nisbah murabahah yang ada sudah sesuai dengan prinsip manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Net Working Capital; dan Return On Equity
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Accounting > Financial Reporting
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nabilah Putri S
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:10
Last Modified: 17 Jul 2023 06:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71271

Actions (login required)

View Item View Item