Pengaruh layanan bimbingan karier terhadap pengambilan keputusan karier siswa : Penelitian terhadap siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Miftahul Falah Kota Bandung

Tohir, Siti Nuraisyah (2023) Pengaruh layanan bimbingan karier terhadap pengambilan keputusan karier siswa : Penelitian terhadap siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Setiap orang harus membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan setiap saat. Keputusan menjadi lebih menantang ketika berhubungan dengan tujuan dan aspirasi hidup seseorang. Dalam situasi ini, memilih karir menjadi salah satu dari banyak keputusan yang sulit. Kemampuan untuk memilih karir sendiri sangat penting sehingga seseorang lebih fokus dan berorientasi pada satu pilihan karir di antara banyak pilihan karir yang tersedia yang diperoleh dari banyak perkenalan karir. Banyak remaja tidak memiliki pengembangan karir yang memadai dan tidak menerima bimbingan karir yang memadai dari guru di sekolah mereka. Layanan bimbingan karir dari konselor atau guru bimbingan konseling di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan mengatasi masalah dalam perencanaan karir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan karir siswa kelas XII di Madrasah Aliyah Miftahul Falah Kota Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini dituangkan dalam bentuk desain penelitian yang akan diturunkan sebagai indikator untuk membuat instrumen penelitian. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas adalah bimbingan karir (X) dan variabel terikat adalah pengambilan keputusan karir (Y). Berlandaskan pada aspek variabel bimbingan karir yaitu pemahaman, perencanaan dan pemilihan, serta aspek pengambilan keputusan karir yaitu pengetahuan, pemahaman, perencanaan dan pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana, dengan jumlah populasi 30 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Miftahul Falah Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji regresi linier sederhana menunjukan bahwa nilai sig 0.000 < 0.05 maka H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh dari layanan bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan karir, dengan tingkatan pengaruh 0,400 dan besar dari pengaruh bimbingan karir terhadap pengambilan keputusan karir yaitu 0,552 atau 55,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan karir memiliki pengaruh positif terhadap pengambilan keputusan karir siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karier: pengambilan keputusan karier; siswa
Subjects: Education
Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Nuraisyah Tohir
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:28
Last Modified: 20 Jul 2023 04:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71278

Actions (login required)

View Item View Item