Pengemasan In-Depth Article pada media daring Urbanasia.com : Analisis deskriptif artikel Keperawanan edisi 14 desember 2022 pada Rubrik Urbanasia+

Sutoyo, Hanisa (2023) Pengemasan In-Depth Article pada media daring Urbanasia.com : Analisis deskriptif artikel Keperawanan edisi 14 desember 2022 pada Rubrik Urbanasia+. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Menurut data dari Kominfo, saat ini media daring menduduki peringkat tiga besar sebagai sumber informasi yang diandalkan oleh banyak orang. Karena itu, media daring perlu menyajikan tulisan dengan jenis yang beragam untuk menarik pembaca, salah satunya jenis tulisan mendalam, seperti yang diterapkan oleh media daring Urbanasia.com pada rubrik in-depth article Urbanasia+nya. In-depth article ini merupakan hasil dari peliputan mendalam atau in-depth reporting yang dilakukan oleh tim Urbanasia.com. Sesuai dengan prinsip penulisan in-depth reporting, terdapat beberapa unsur yang harus diperhatikan oleh mereka, yaitu ‘how,’ ‘why,’ dan ‘problem solving.’ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana Urbanasia.com mengemas unsur ‘how,’ ‘why,’ dan ‘problem solving’ di dalam penulisan in-depth article mereka, khususnya pada tema keperawanan edisi 14 Desember 2022. Peneliti ingin mengetahui latar belakang serta tujuan Urbanasia.com mengangkat isu yang cukup sensitif tersebut. Dalam mengkaji aspek-aspek yang tertuang dalam tujuan penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Adapun metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu observasi dan wawancara informan yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan Urbanasia.com memiliki tujuan untuk memberikan edukasi terkait keperawanan dan telah mengimplementasikan unsur-unsur in-depth reporting pada rubrik Urbanasia+. Mereka mengemas unsur ‘how’ dengan menjelaskan bagaimana latar belakang dari viralnya isu keperawanan di masyarakat. Kemudian, unsur ‘why’ dijelaskan dengan menyebutkan unsur budaya sebagai alasan kenapa perbincangan ini bisa ramai di masyarakat. Terakhir, Urbanasia.com mengemas unsur ‘problem solving’ dengan menyertakan pendapat para ahli sebagai solusi yang diharapkan dapat menjadi perhatian masyarakat. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana Urbanasia.com mengemas tulisan in-depthnya dengan topik yang mereka anggap penting, serta perlu dipahami dengan baik oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaporan mendalam; in-depth article; media daring
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hanisa Sutoyo
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:02
Last Modified: 17 Jul 2023 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71293

Actions (login required)

View Item View Item