Penerapan manajemen risiko dalam pembiayaan murabahah di Baitul Ma l Wa Tamwil Ibadurrahman kecamatan Cikole Kota Sukabumi

Dzulfikar, Muhammad Ari (2023) Penerapan manajemen risiko dalam pembiayaan murabahah di Baitul Ma l Wa Tamwil Ibadurrahman kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga keuangan syariah nonbank terus mengembangkan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh nasabahnya. Saat ini, Baitul Ma ̅l wat Tamwil (BMT) juga fokus pada pembiayaan untuk usaha kecil. Peningkatan dalam pembiayaan ini sejalan dengan program pemerintah yang memberikan lebih banyak kemudahan bagi usaha kecil untuk berkembang. Salah satu contoh BMT yang mendukung pembiayaan untuk usaha kecil adalah BMT Iba ̅durrahman. Dalam proses pembiayaan dan penyaluran dana yang merupakan kegiatan utama BMT, BMT Iba ̅durrahman sadar bahwa risiko tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, manajemen risiko yang efektif sangat diperlukan agar risiko yang mungkin terjadi pada produk pembiayaan dapat diminimalisir. Hal ini dapat dicapai melalui penerapan prosedur dan kebijakan yang tepat oleh BMT Iba ̅durrahman. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan seperti, 1) Mendeskripsikan pembiayaan modal kerja ( Murabahah) di BMT Iba ̅durrahman, 2) Mendeskripsikan identifikasi pembiayaan murabahah di BMT Iba ̅durrahman, 3) Mendeskripsikan penerapan dan pengendalian risiko dalam pembiayaan murabahah dalam persepektif hukum ekonomi syariah di BMT Iba ̅durrahman. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akad yaitu akad murabahah, pembiayaan modal kerja serta akad musyarakah yang menjadi acuan, dan manajemen risiko yang dilakakukan BMT Iba ̅durrahman. Dalam penulisan ini penelitian yang digunakan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan yurudus empiris. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,dengan tambahan sumber data dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Pemilihan skema akad murabahah dalam pembiayaan modal dilakukan dengan alasan bahwa mayoritas nasabahnya merupakan para pedagang, hal ini disebabkan oleh kesulitan yang dihadapi oleh nasabah dalam menghitung nisbah bagi hasil yang terkait dengan akad musyarakah. Sebagai hasilnya, pilihan akad murabahah menjadi preferensi utama bagi nasabah, karena dianggap lebih mudah dipahami dan diimplementasikan, 2) BMT Iba ̅durrahman menggunakan akad murabahah dalam pembiayaan modal kerja untuk memudahkan nasabah, 3) Manajemen risiko pembiayaan Murabahah pada BMT Iba ̅durrahman menggunakan prinsip 5 C (character, capacity, capital, collateral, conditions) yang merupakan pendekatan yang baik dalam mengevaluasi risiko yang terkait dengan pembiayaan tersebut. Dalam konteks ini, penekanan pada analisis capital dan collateral.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BMT; pembiayaan; manajemen risiko
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhammad Ari Dzulfikar
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:34
Last Modified: 17 Jul 2023 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71311

Actions (login required)

View Item View Item