Relevansi nilai Ikhlas dengan pengendalian diri Amil LAZ RYDHA : Studi kasus di Lembaga Amil Zakat Rumah Yatim Dhuafa Tangerang

Sholihah, Ayu Firdiyatus (2023) Relevansi nilai Ikhlas dengan pengendalian diri Amil LAZ RYDHA : Studi kasus di Lembaga Amil Zakat Rumah Yatim Dhuafa Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy

Abstract

Menjadi seorang amil pada lembaga zakat merupakan salah satu tugas yang sangat mulia karena dapat berperan aktif dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan mendayagunakan uang umat secara baik dan maksimal. Sehingga seorang amil harus memiliki salah satu sifat ikhlas dan pengendalian diri yang baik dalam bekerja agar tidak terjadinya penyelewengan terhadap dana umat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman nilai ikhlas amil LAZ Rydha di Tangerang, mengetahui pengendalian diri amil LAZ Rydha ketika bekerja, dan ada atau tidak adanya hubungan atau relevansi nilai ikhlas dengan pengendalian diri amil LAZ Rydha di Tangerang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode survey dan dengan pendekatan kuantitatif korelasi. Adapun Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh amil LAZ Rydha yang berjumlah 14 orang, dengan penentuan sampelnya menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala ikhlas dan skala pengendalian diri. Pada aspek ikhlas, didapatkan hasil sebesar 64% sehingga menunjukkan bahwa pengurus atau amil LAZ Rydha di Tangerang ikhlas saat melakukan pekerjaan. Kemudian pada aspek pengendalian diri, didapatkan hasil sebesar 72%, artinya tingkat pengendalian diri amil LAZ Rydha dapat dikatakan baik atau para amil LAZ Rydha dapat mengendalikan diri dalam melaksanakan pekerjaan. Analisis data penelitian ini menggunakan bantuan Microsoft Excel 2013 dan Software SPSS versi 24 dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearment. Hasil pengujian korelasi menunjukkan nilai koefisien korelasi r=0.792 (ρ=0.001,ρ<0.05) yang artinya bahwa terdapat hubungan positif diantara nilai ikhlas dengan pengendalian diri amil di Lembaga Amil Zakat Rumah Yatim Dhuafa Tangerang dengan kategori hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Ikhlas; Pengendalian Diri; Amil
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Works Associates
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ayu Firdiyatus Sholihah
Date Deposited: 18 Jul 2023 00:48
Last Modified: 18 Jul 2023 00:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71317

Actions (login required)

View Item View Item