Peran konselor sekolah dalam mengatasi perilaku Bullying melalui teknik konseling kognitif perilaku Islami di SMPN 51 Bandung

Dita, Lara (2023) Peran konselor sekolah dalam mengatasi perilaku Bullying melalui teknik konseling kognitif perilaku Islami di SMPN 51 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy

Abstract

Terdapat macam-macam permasalahan pada masa remaja salah satunya bullying, bullying banyak terjadi di dunia Pendidikan salah satunya di SMPN 51 Bandung. Dimana pada masa remaja merupakan suatu fase perkembangan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa pada masa ini para remaja rentan mengalami masalah-masalah emosi, sosial, fisik dan psikis yang belum stabil, maka perlunya diatasi salah satunya dengan kegiatan konseling kognitif perilaku islami, karena jika tidak segera diatasi akan berdampak luas dan berkepanjangan kepada psikis siswa yang terdampak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku bullying yang terjadi, dampak kondisi korban bullying serta peran konselor sekolah dalam mengatasi perilaku bullying melalui teknik kognitif perilaku di SMPN 51 Bandung. Penelitian ini bertolak dari perilaku bullying yang sering terjadi dikalangan anak-anak atau remaja di sekolah dengan menggunakan peran konselor sekolah maka aspek-aspek kecerdasan emosi dapat diraih dengan pemberian konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami, sehingga pikiran serta perilaku anak-anak atau remaja akan terkondisi dengan adanya konseling kognitif perilaku islami yang dilakukan oleh konselor sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan alasan peneliti bisa lebih mendalam dan fokus menelaah persoalan dilapangan secara natural. Hasil dari peran konselor sekolah dalam mengatasi perilaku bullying menggunakan teknik konseling kognitif perilaku islami di SMPN 51 Bandung adalah menghasilkan hasil kepada pelaku menjadi minimal ketika anak tau dia salah dia ada komitmen untuk berubah dan mengakui bahwa itu tindakan yang salah, untuk korban terdapat perubahan, korban yang tadinya pendiam, murung, malas, takut untuk bersekolah dan tidak fokus dalam belajar, setelah diberikan konseling anak atau korban mempunyai perubahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bullying; konselor sekolah; teknik konseling kognitif perilaku
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lara Dita
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:57
Last Modified: 17 Jul 2023 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71322

Actions (login required)

View Item View Item