Relasi sosial pertanian gula aren dalam meningkatkan kesejahteraan : Studi deskriptif di Kampung Jegang Desa Malati Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur Selatan

Hidayah, Neng Ida (2023) Relasi sosial pertanian gula aren dalam meningkatkan kesejahteraan : Studi deskriptif di Kampung Jegang Desa Malati Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari rasa ingin mengungkap relasi sosial petani gula aren dan pengepul di Kampung Jegang. Yang dimana kedudukan hukum petani dalam sistem perdagangan internasional belum jelas, petani gula aren terjebak dalam ketergantungan hutang-piutang, dan rata-rata usia petani gula aren 40 tahun keatas hingga produksi gula aren tidak berkembang. Oleh karena itu, menarik untuk melihat seperti apa hubungan sosial antara pelanggan dan pelanggan antara produsen dan pengepul di desa Jegang, mengingat sebagian besar penduduk di sini melakukan produksi gula aren. Pada permasalahan petani gula aren akan dikaji hubungan sosial antara produsen gula aren dan pengepul untuk melihat bagaimana hubungan keduanya, peneliti melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan sosial produsen gula aren dalam meningkatkan kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis relasi sosial antara pengepul dan petani gula aren di Kampung Jegang, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, bagaimana relasi sosial petani dan pengepul, bagaimana kesejahteraan para petani dan apa dampak dari relasi sosial antara pengepul dan petani gula aren. Teori Relasi sosial Patron klien yaitu suatu pertukaran antar ke dua peran, menjadi suatu perkara spesifik menurut ikatan diadik (dua orang) yang melibatkan persahabatan instrumental. Patron yaitu seseorang individu menggunakan status sosial ekonomi yang lebih tinggi memakai kekuatannya buat menyediakan proteksi dan laba bagi orang yang status sosialnya lebih rendah, yaitu klien. (Scott 1993:7-8). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan desain penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan langkah analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan interaksi sosial antara pengepul dan petani gula aren di Desa Jegang, yang menunjukkan bahwa pengepul dianggap memiliki status sosial ekonomi yang lebih tinggi daripada petani gula aren karena memiliki sumber daya yang dapat mendukung kebutuhan petani selama petani menjual gula arennya kepada pengepul. Kesejahteraan petani gula aren di Kampung Jegang yaitu, dikategorikan cukup sejahtera karena pendapfatan tiap minggu petani gula aren tidak selalu sama, tergantung sedikit banyaknya produksi gula aren. Dampak relasi sosial antara pengepul dan petani gula aren di Kampung jegang yaitu, ada tiga dampak kesejahteraan sosial, ketimpangan sosial, dan ketergantungan sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan; petani; pengepul; relasi sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Neng Ida H Nida Hidayah
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:36
Last Modified: 17 Jul 2023 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71337

Actions (login required)

View Item View Item