Ardianti, Tiara (2023) Pengembangan video animasi stop motion sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
Abstract
Proses penyampaian materi pembelajaran yang terbatas dan kurang menarik berakibat pada siswa yang cenderung bosan dan mengalami penurunan motivasi belajar. Penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti video animasi stop motion dapat menjadi alternatif pemanfaatan teknologi yang relevan serta mendukung dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tahapan pengembangan, menganalisis validasi produk, menganalisis tingkat keterbacaan, serta menganalisis respon siswa terhadap video animasi stop motion sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global. Penelitian dilakukan dengan metode R&D (Research and Development) menggunakan model 3D yang dilaksanakan di MTs Hannaki terhadap kelas VII sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian berupa uraian tahapan pengembangan meliputi tahap define, design, serta development dengan dihasilkannya produk video animasi stop motion yang dapat diakses pada https://youtu.be/W7V3v1dP_5Y. Validasi ahli dilakukan pada video animasi stop motion dengan perolehan nilai sebesar 83% dari ahli materi, 78% dari ahli media, dan 94% dari guru mata pelajaran yang dikategorikan validitas tinggi. Keterbacaan siswa terhadap video animasi stop motion sebagai media pembelajaran diperoleh nilai sebesar 90% pada kategori mudah dipahami, serta hasil respon siswa diperoleh nilai sebesar 93% dengan kategori sangat positif. Maka disimpulkan bahwa video animasi stop motion diyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Pemanasan Global; Stop Motion; Video Animasi |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Tiara Ardianti |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:15 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71391 |
Actions (login required)
View Item |