Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT.Kimia Farma Tbk periode 2012-2021

Santika, Nur (2023) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT.Kimia Farma Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Perusahaan bertujuan berbisnis untuk mendapatkan laba atau keuntungan, maka hasil keuangan dapat diliihat melalui rasio Net Profit Margin (NPM) atau dalam syariah disebut Murabahah. Maka yang menjadikan tinggi atau rendah pada rasio Profitabilitas diantaranya Current Ratio (CR) alat ukur yang digunakan untuk mengetahui serta mengukur kemampuan aktiva lanacar di sebuah perusahaan dalam memenuhi kewajiban (utang) jangka pendek sesuai dengan istilah syariah berkaitan dengan Al-Qard, sedangkan Debt to Asset Ratio (DAR) aktiva atau asset yang dibiayai hutang,hal ini berkaitan dengan istilah syariah yaitu Mudharabah yaitu harta atau asset yang dibiayai hutang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh serta menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), menganalisis pengaruh Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) dan menganalisis pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT.Kimia Farma Tbk periode 2012-2021. Kerangka berfikir dan hipotesis pada penelitian ini digunakan untuk bertujuan mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM). Debt to Asset Ratio (DAR) berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM).Pada PT.Kimia Farma Tbk, periode 2012-2021. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis Deskriptif dengan melalui pendekatan Kuantitatif. Data Laporan Keuangan diperoleh dari Annual Report dengan cara mengambil data sekunder time series dari PT.Kimia Farma Tbk, Periode 2012-2021. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya analisis deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis asosiatif dan analisis uji hipotesis. Untuk mengolah data yang didapat menggunakan perhitungan secara manual, Microsoft Excel 2017 dan juga menggunakan aplikasi SPSS For Windows Version 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) dengan nilai t_hitung 3,223≥t_(tabel ) 2,306 dengan signifikansi 0,015 maka sesuai dengan teori akad Al-Qardh. Adapun hasil Debt to Asset Ratio (DAR) secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) yang ditunjukkan dengan hasil nilai t_hitung 2,192≤t_(tabel ) 2,306 dengan signifikansi 0,065 maka sesuai teori akad Mudharabah. Kemudian Current Ratio (CR) dan Debt to Asset Ratio (DAR) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT.Kimia Farma Tbk periode 2021-2021 dengan nilai f_hitung 7,497≥t_(tabel ) 4,73 dengan signifikansi 0,016,hal ini sesuai dengan teori akad Murabahah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Asset Ratio (DAR); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nur Santika
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:51
Last Modified: 20 Jul 2023 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71392

Actions (login required)

View Item View Item