Pengaruh Short-Term Bank Loan dan Other Payable-Third Parties terhadap Total Current Liabilities pada perusahan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Erajaya Swasembada Tbk periode 2012-2022

Nafiah, Nuha Aulia (2023) Pengaruh Short-Term Bank Loan dan Other Payable-Third Parties terhadap Total Current Liabilities pada perusahan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Erajaya Swasembada Tbk periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Short-term bank loan dan other payable-third parties adalah utang lancar yang digunakan untuk membiayai kegiatan usahanya. Secara teoritis naik turunnya short-term bank loan dan other payable-third parties maka hutang lancar pun akan mengalami kenaikan/penurunan. Namun, permasalahan terjadi pada PT. Erajaya Swasembada Tbk, di tahun 2014, 2018, 2019, dan 2020 ketika naik turunnya short-term bank loan dan other payable-third parties tidak sejalan dengan naik turunnya hutang lancar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Short-Term Bank Loan secara parsial terhadap Total Current Liabilities, untuk mengetahui pengaruh Other Payable-Third Parties secara parsial terhadap terhadap Total Current Liabilities dan untuk mengetahui pengaruh Short-Term Bank Loan dan Other Payable-Third Parties secara simultan terhadap Total Current Liabilities pada PT. Erajaya Swasembada Tbk. periode 2012-2022. Short-term bank loan adalah dana yang dipinjam dari bank, bersifat jangka pendek, berbunga dan termasuk dalam kategori hutang lancar, maka short-term bank loan mengalami kenaikan maka Total Current Liabilities pun mengalami kenaikan. Other Payables-Third Parties adalah utang lancar selain utang dagang, sehingga pembayarannya kurang dari satu tahun, Maka Other Payables-Third parties mengalami kenaikan maka Total Current Liabilities pun mengalami kenaikan. Ketika secara bersamaan short-term bank loan dan Other Payables-Third parties mengalami kenaikan maka Total Current Liabilities pun mengalami kenaikan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan data sekunder yang besumber dari laporan keuangan PT. Erajaya Swasembada Tbk yang diakses melalui situs resminya Tbk www.erajaya.com. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji Validitas & Reliabilitas, Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Secara parsial Short-term Bank Loans berpengaruh signifikan positif terhadap Total Current Liabilities, dengan koefisien determinasi sebesar 75,1%. 2) Secara parsial, Other Payable Third Parties berpengaruh signifikan positif terhadap Total Current Liabilities, dengan koefisien determinasi sebesar 74%. 3) Secara simultan, Short-term bank loan dan Other Payable Third Parties berpengaruh signifikan positif Total Current Liabilities dengan koefisien determinasi sebesar 94,8% pada PT. Erajaya Swasembada Tbk. periode 2012-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Short-Term Bank Loan; Other Payable-Third Parties; Total Current Liabilities
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Nuha Aulia Nafiah
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:03
Last Modified: 18 Jul 2023 06:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71396

Actions (login required)

View Item View Item