Manajemen strategik pondok pesantren untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an santri : Studi deskriptif di Pesantren Assa'idiyah Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Putra, Firman Dwi (2023) Manajemen strategik pondok pesantren untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an santri : Studi deskriptif di Pesantren Assa'idiyah Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang mengajarkan nilai-nilai ajaran agama Islam kepada santrinya termasuk hafalan Al-Qur'an untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses menghafal Al-Qur'an bukanlah perkara yang mudah karena dalam menghafal Al-Qur'an dibutuhkan Waktu khusus, Manajemen waktu serta strategi dan metode yang tepat. Kendala yang dihadapi oleh pondok pesantren Assa'idiyah yaitu kemampuan menghafal yang lambat, waktu yang kurang tersedia, hingga hilangnya hafalan sebelumnya yang telah diperoleh. Maka dari itu untuk meningkatkan mutu hafalan dan bacaan santri dibutuhkan manajemen dan strategi yang harus dilakukan oleh pondok pesantren agar para santri lebih mudah dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa manajemen strategik yang dilakukan oleh pondok pesantren Assa'idiyah untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Fred R. David yang menjelaskan bahwa manajemen strategik dapat diartikan sebagai kumpulan keputusan serta tindakan manajerial yang dihasilkan dari proses formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi dengan tujuan untuk mencapai keunggulan yang kompetitif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi atau memotret situasi yang terjadi di sosial masyarakat dalam suatu penelitian yang dilakukan secara luas mendalam dan menyeluruh. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan observasi langsung ke lapangan, wawancara langsung dengan informan dan mengambil dokumentasi yang berkaitan dengan manajemen strategik pondok pesantren Assa'idiyah untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an santri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategik yang dilakukan oleh pondok pesantren Assa'idiyah untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an santri yaitu: 1) Formulasi Strategi yang dilakukan oleh pondok pesantren Assa'idiyah yaitu dengan merumuskan visi dan misi, menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, analisis SWOT serta memilih strategi yang optimal. 2) Implementasi strategi yang dilakukan oleh pondok pesantren Assa'idiyah untuk meningkatkan mutu hafalan Al-Qur'an santri yaitu : pengorganisasian, mengatur jadwal kegiatan santri, pembinaan Tahsin, memberikan metode menghafal Al-Qur’an yang tepat serta membuat Program Setoran dan Murajaah Al-Qur'an. 3) Evaluasi strategi yang dilakukan yaitu : Rapat bulanan dan tahunan serta pelaporan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategik; Pondok Pesantren; Mutu Hafalan Al-Qur’an.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Firman Dwi Putra
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:11
Last Modified: 18 Jul 2023 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71415

Actions (login required)

View Item View Item