Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan kecerdasan emosional mereka : Penelitian terhadap kelas XI MAN 2 Kota Bandung Tahun 2023

Rosyidah, Siti (2023) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) hubungannya dengan kecerdasan emosional mereka : Penelitian terhadap kelas XI MAN 2 Kota Bandung Tahun 2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ada, dimana siswa masih kurang memiliki kecerdasan emosional yang baik. Akibat dari banyaknya siswa yang belum memiliki kecerdesan emosional yang baik, sehingga perlu adanya aktivitas positif supaya kecerdasan emosional siswa semakin baik, dengan cara karakter atau perilaku peserta didik harus dikembangkan untuk melatih karakter atau perilaku sesuai dengan ajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) MAN 2 Kota Bandung, (2) Kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung, (3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dengan kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung. Landasan penelitian ini merujuk pada teori aktivitas siswa yang dirumuskan oleh Sardiman A.M. dalam Interaksi dan motivasi belajar mengajar, beliau membagi aktivitas siswa menjadi beberapa ranah, diantaranya yaitu visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, mental activities dan emotional activities (Sardiman, 2008). Dan teori kecerdasan emosional yang dirumuskan oleh Daniel Goleman dalam Emotional Intelligence, beliau membagi kecerdasan emosional menjadi lima ranah, yaitu mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan (Goleman, 1995). Keberhasilan kecerdasan emosional dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu berasal dari dalam diri siswa (faktor internal) dan yang berasal dari luar siswa (faktor eksternal). Adapun penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa siswi yang mengikuti kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA). Sampel yang diambil sejumlah 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data yang digunakan merupakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini berdasarkan uji korelasi yaitu adanya hubungan antara aktivitas siswa terhadap kecerdasan emosional dengan nilai signifikasi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian ini dengan perolehan korelasi sebesar 0,616, angka 0,616 termasuk pada tingkatan 0,61-0,80 atau tingkatan korelasi kuat, maka antara kegiatan Ikatan Remaja Masjid (IRMA) terhadap kecerdasan emosional terdapat korelasi kuat. Adapun besar hubungan variabel bebas (Aktivitas siswa) terhadap variabel terikat (Kecerdasan emosional) adalah 37,9%, kemudian 62,1% dipengaruhi oleh faktor lain seperti keluarga, sekolah, masyarakat dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa; Ikatan Remaja Masjid; Kecerdasan Emosional
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Rosyidah
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:54
Last Modified: 18 Jul 2023 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71417

Actions (login required)

View Item View Item