Strategi paguyuban ORDAC sebagai pengemudi Ojek Pangkalan dalam mempertahankan eksistensi di tengah adanya pengemudi Ojek Online : Penelitian di Pangkalan Ojek Kecamatan Ujungberung Kota Bandung

Rahman, Ade (2023) Strategi paguyuban ORDAC sebagai pengemudi Ojek Pangkalan dalam mempertahankan eksistensi di tengah adanya pengemudi Ojek Online : Penelitian di Pangkalan Ojek Kecamatan Ujungberung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
text (COVER).pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
text (ABSTAK).pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
text (DAFTAR ISI).pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
text (BAB 1).pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
text (BAB IV).pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
text (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi trasportasi yang begitu cepat sehingga transportasi konvesional seperti ojek pangkalan yang berada di Kecamatan Ujungberung sehingga perlu melakukan strategi untuk memepertahankan eksistensinya di tengah perkembangan teknlogi seperti adanya pengemudi ojek online. Penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor penyebab para pengemudi ojek pangkalan di Kecamatan Ujung Berung enggan beralih menjadi pengemudi ojek online. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh paguyuban ORDACsebagai pengemudi ojek pangkalan dalam mempertahankan eksistensinya di Kecamatan Ujung Berung setelah adanya pengemudi ojek online. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pilihan rasionalitas James Coleman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi non partisipatif. Responden penelitian terdiri dari pengemudi ojek pangkalan yang tergabung dalam paguyuban ORDAC di Kecamatan Ujung Berung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab para pengemudi ojek pangkalan enggan beralih menjadi pengemudi ojek online. Faktor-faktor tersebut meliputi Faktor Keamanan, Faktor Lamanya Menjadi Ojek Pangklan, Faktor yang Ketat Untuk Mendaftar Menjadi ojek Online, Faktor Solidaritas.Untuk mempertahankan eksistensinya di tengah adanya pengemudi ojek online, paguyuban ORDAC menggunakan strategi-strategi yang berdasarkan teori pilihan rasionalitas. Strategi-strategi tersebut dengan menerapkan pembatasan wilayah yang tidak bisa di lewati oleh Pengemudi Ojek online di wilayah Ujung Berung. Selain itu, paguyuban ORDAC juga menjalin kerjasama dengan pihak terkait dengan POLRESTA Ujungberung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi; ojek pangkalan ; ojek online
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ade Rahman
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:01
Last Modified: 18 Jul 2023 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71421

Actions (login required)

View Item View Item