Analisis Yuridis penjualan akun Netflix ilegal dihubungkan dengan pasal 9 Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta

Syahputra, Sutan Maulidena (2023) Analisis Yuridis penjualan akun Netflix ilegal dihubungkan dengan pasal 9 Undang-Undang nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy

Abstract

Pada peraturan Term of Use Netflix diatur bahwa Netflix hanya untuk penggunaan bersifat pribadi dan non komersial. Namun, saat ini banyak kita temui penjualan akun Netflix melalui sosial media dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan harga akun Netflix original. Penjual akun Netflix ilegal menggunakan metode dan harga yang tidak sesuai dengan ketentuan dari website resmi Netflix. Adanya penjualan akun Netflix ilegal merupakan pelanggaran yang terjadi dalam Hak Kekayaan Intelektual khususnya hak ekonomi pencipta yang diatur pada Pasal 9 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketentuan penggunaan Netflix berdasarkan Term of Use Netflix, mengetahui perlindungan Hak Cipta akun Netflix berdasarkan Pasal 9 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, mengetahui akibat hukum bagi Netflix, penjual, dan pembeli akun Netflix dari penjualan secara ilegal. Teori hukum yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori perlindungan hukum yang memberikan perlindungan kepada masyarakat agar dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum, teori hak cipta yang memberikan hak milik ekslusif atas suatu karya pencipta, dan teori perjanjian di mana terdapat syarat tertentu supaya perjanjian dapat dikatakan sah. Metode penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif Analisis dengan pendekatan Yuridis Normatif yang artinya pendekatan dilakukan dengan mengkaji pendekatan teori-teori, konsep-konsep, dan mengkaji peraturan perundang-undangan yang bersangkutan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketentuan penggunaan Netflix berdasarkan Term of Use Netflix bersifat pribadi, non komersial, dan layanan sekaligus informasi yang terdapat dalam aplikasi Netflix dilarang untuk didistribusikan dan diperjual belikan. Perlindungan Hak Cipta akun Netflix berdasarkan Pasal 9 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta bahwa penjual akun Netflix ilegal dapat terkena gugatan ganti rugi oleh Netflix. Akibat hukum bagi Netflix adalah dapat mengajukan gugatan ganti rugi kepada penjual akun Netflix ilegal, dan dapat menghapus atau memblokir akun Netflix ilegal. Akibat hukum bagi penjual akun Netflix ilegal adalah dapat terkena gugatan ganti rugi atas pelanggaran Hak Cipta Netflix, dapat terkena penyitaan alat yang berkaitan dengan pelanggaran Hak Cipta. Akibat hukum bagi pembeli adalah pembeli tidak dapat menuntut ganti rugi kepada penjual jika terjadi kerusakan pada akun Netflixnya, dan akun Netflix berpotensi diblokir atau dihapus oleh Netflix.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hak Cipta; Hak Ekonomi; Netflix;
Subjects: Knowledge > Intellectual Life
Civil Rights
Private Law > Contracts
Private Law > Property
International Commerce, Foreign Trade > Trade Agreements
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Sutan Maulidena S
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:25
Last Modified: 20 Jul 2023 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71430

Actions (login required)

View Item View Item