Dampak pembangunan PLTU terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Cigondang Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten

Akbar, Adief Aulia (2023) Dampak pembangunan PLTU terhadap perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Cigondang Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembangunan PLTU di Desa Cigiondang Kecamatan Labuan Pandeglang. Pembangunan PLTU ini sering menghasilkan pro-kontra dalam proses pembangunannya yang menghasilkan berdampak positif dan negatif terhadap masyarakat Desa Cigiondang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pembangunan PLTU 2 Labuan Desa Cigiondang Kecamatan Labuan, dampak pembangunan PLTU 2 Labuan erhadap masyarakat dan respon masyarakat terhadap pembangunan PLTU 2 Labuan, teori yang digunakan adalah teori konflik sosial dari Ralf Dahrendrof. Menurut Ralf Dahrendrof konflik di akibatkan oleh wewenang, kekuasaan dan otority pada masyarakat, sehingga menciptakan pertententangan kelas antara masyarakat dan pemerintah. Dalam penelitian ini akan diperoleh gambaran mengenai dampak pembangunan PLTU 2 Labuan yang danalisis menggunakan pendekatan konflik dan modernisasi pada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalh sumber data primer dan sekunder. Dimana sumber data primer ini didapatkan langsung dari lapangan, baik dari hasil observasi, maupun dari hasil wawancara langsung dengan informan yang diambil dari pihak-pihak terkait. Adapun sumber data sekunder diperoleh dari referensi buku, arsip, dukumentasi. Dari hasil penelitian ini, dimulai dari proses pembangunan yang banyak sekali ketimpangan dimulai dari konflik peralihan lahan sampai efek yang di rasakan oleh masyarakat lokal dengan pembangunan PLTU ini. Adapun perubahan yang terjadi pada masyarakat yaitu perubahan dalam segi sosial, dan ekonomi di kawasan Desa Cigondang Kecamatan Labuan Pandeglang Adapun dampak yang dirasakan masyarakat dengan adanya pembangunan tersebut yaitu dampak positif meliputi: Meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan terpenuhinya distribusi listrik,terciptanya lapangan pekerjaan serta, meningkatnya pendapatan pajak daerah.Adapun dampak negatif dengan adanya pembangunan PLTU ini yaitu: konflik yang berkepanjangan akibat peralihan lahan, limbah yang di timbulkan merusak ekosistem laut, Kesehatan, Perubahan mata pencaharian. Respon masyarakat terhadap pembangunan PLTU 2 Labuan ini ada yang mendukung dan yang tidak mendukung. Masyarakat yang mendukung memandang bahwa adanya PLTU bisa membantu dan menciptakan lapangan pekerjaan baru, sedangkan masyarakat yang tidak mendukung memandang bahwa pembangunan ini hanya menimbulkan perubahan yang tidak mengarah pada kesejahteraan masyarakat,khususnya masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; pembangunan; PLTU; sosial; dan ekonomi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adief Aulia Akbar
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:46
Last Modified: 18 Jul 2023 07:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71438

Actions (login required)

View Item View Item