Strategi membentuk kemandirian santri melalui pengelolaan usaha ternak Burung Murai : Studi di Pesantren Al-luthfah Cililin Kabupaten Bandung Barat

Roji'urrohmatillah, Fahru (2023) Strategi membentuk kemandirian santri melalui pengelolaan usaha ternak Burung Murai : Studi di Pesantren Al-luthfah Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (545kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
8_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa pesantren memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan serta memberdayakan santri pada bidang ekonomi. Karena tak mudah bagi pesantren yang berkonsentrasi pada bidang keagamaan dibandingkan dengan bidang ekonomi. Hal ini adalah sebuah gebrakan yang harus dihadapi oleh pesantren, agar dapat mengubah pola dakwah yang menggaris bawahi cara bil lisan menjadi bil hal dengan dihadapi permasalahan masyarakat yang semakin kompleks. Burung murai ini termasuk burung yang sangat cocok bila dipelihara di rumah. Karena memelihara burung murai merupakan hobi belaka,burung murai juga usaha yang sangat bagus, namun tak berlaku pada zaman modern ini. Keuntungan yang didapat dari ternak burung murai dapat mencukupi kebutuhan yang ada dalam pesantren, mengganti biaya pemeliharaan burung, biaya pakan serta dapat memperluas peternakannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Strategi. Teori ini membahas tentang bagaimana seseorang atau kelompok mampu mecapai apa yang menjadi tujuannya serta di dukung oleh teori-teori menejemen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif,dengan metode deskriptif ini mampu mengungkapkan dan menganalisis fenomena yang terjadi di lapangan, dengan jenis data yang digunakan adalah kualitatif, serta Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan juga studi literatur. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa startegi pesantren dalam memebenuk kemandirian santri melalui usaha ternak burung murai sangat membantu baik untuk para santri dan lembaga pesantren dalam bidang perekonomian. Serta ini menjadi sebuah cara pesantren dalam mengembangkan kemampuan santri bukan hanya dibidang keilmuannya saja tapi peternakannya juga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pondok Pesantren; Santri; Burung Murai
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Agriculture
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Roji'urrohmatillah Fahru
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:18
Last Modified: 18 Jul 2023 06:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71439

Actions (login required)

View Item View Item