Kenakalan siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Salopa pasca perkembangan Game Online : Penelitian di Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya

Muharom, Faisal Wahid (2023) Kenakalan siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Salopa pasca perkembangan Game Online : Penelitian di Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Kenakalan siswa sekolah dasar merupakan suatu perilaku yang dilakukan siswa tanpa adanya nilai-nilai sosial yang ada, kenakalan siswa menggambarkan perilaku menyimpang yang dilakukan siswa, dan dapat merusak karakter dirinya serta pola pikir siswa tersebut di lingkungannya. hanya berasal dari kalangan orang dewasa namun telah sampai pada anak-anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: kenakalan siswa SDN 2 Salopa di Desa Mandalaguna Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya pasca mengenal game online, upaya orang tua dalam menghadapi dekadensi pada siswa sekolah dasar setelah adanya game online dan implikasi akibat dari game online terhadap sikap dan periaku pada siswa SDN 2 salopa. Dalam sudut pandangan kajian sosiologi penelitian ini mengkaji pada teori perubahan sosial John Philip Gillin dan John Lewis Gillin serta teori tindakan sosial Max Weber dimana di dalam teori perubahan sosial menjelaskan inidividu mengalam perubahan sosial yang terjadi akibat salah satu variabel dari perubahan-perubahan salah satunya adanya penemuan baru, sedangkan di dalam teori tindakan sosial menjelaskan bahwa bahwa tindakan yang dilakukan oleh individu dapat didasarkan suatu pilihan dengan penuh kesadaran yang berhubungan dengan tujuan dari tindakan tersebut. Penulis dalam hal ini menggunakan penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang diarahkan untuk memberi gejala gejala, fakta, kejadian kejadian secara sistematis dan akurat. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan game online berdampak pada perilaku siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Salopa yang berperilaku tidak wajar, seperti mengabaikan interaksi dengan masyarakat sekitar dan menghindari kontak sosial, tidak disiplin dan bersikap tidak jujur, pemalas, keras kepala, dan suka membantah. Pemicu bermain game online, lantaran ketidakadaan kesibukan atau aktivitas positif dalam keseharian, ajakan teman, kurang perhatian dari orang tua dan rasa penasaran yang tinggi. Adapun upaya orang tua alam mengantisiapasi anaknya untuk tidak sering bermain game online, orangtua menjadi lebih memperhatikan dan selalu menasehati untuk melakukan aktivitas dan menggunakan waktunya untuk hal yang lebih bermanfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kenakalan; Siswa Sekolah Dasar; Game Online;
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muharom Faisal Wahid
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:15
Last Modified: 18 Jul 2023 06:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71441

Actions (login required)

View Item View Item