Pengaruh Outstanding Shares dan Earning Per Share terhadap Dividend Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Matahari Department Store tbk. Periode 2013-2022

Isfani, Muhamad (2023) Pengaruh Outstanding Shares dan Earning Per Share terhadap Dividend Per Share pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Matahari Department Store tbk. Periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dasftarisi.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Jumlah saham yang beredar (Outstanding Shares) merupakan kuantitas saham yang beredar di pasar modal yang dapat ditransaksikan baik itu dijual atau dibeli oleh investor. Earning Per Share menggambarkan profitabilitas perusahaan yang tergambar pada setiap lembar saham. Kedua komponen ini menjadi faktor dari baik tidaknya Dividend Per Share yang tentunya akan menunjukan pembagian dividen suatu perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh Outstanding Shares secara parsial terhadap Dividend Per Share; 2) Pengaruh Earning Per Share secara parsial terhadap Dividend Per Share; 3) Pengaruh Outstanding Shares dan Earning Per Share secara simultan terhadap Dividend Per Share pada PT. Matahari Department Store Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi linier dan berganda, analisis korelasi Person Product Moment, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji f). Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 26 sebagai penunjang pengelolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Matahari Department Store Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Outstanding Shares di PT. Matahari Department Store Tbk. secara parsial tidak terdapat hubungan antara Outstanding Shares terhadap Dividend Per Share, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 0.028 < 2,026 maka Ha ditolak dengan tingkat signifikansi 0,978 dan nilai koefisien determinasi sebesar 27,6%. 2) Earning Per Share di PT. Matahari Department Store Tbk. secara parsial tidak terdapat hubungan antara Earning Per Share terhadap Dividend Per Share, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 1,921 < 2,026 maka Ha ditolak, dengan tingkat signifikansi 0,091 dan koefisien determinasi sebesar 31,6%. 3) Secara simultan, Outstanding Shares dan Earning Per Share di PT. Matahari Department Store Tbk. tidak berpengaruh terhadap Dividend Per Share, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung < Ftabel dengan nilai 2,317 < 3,25 maka Ha ditolak, dengan tingkat signifikansi 0,169 dan nilai koefisien determinasi sebesar 39,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Outstanding Shares; Earning Per Share; dan Dividend Per Share
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Isfani
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:16
Last Modified: 18 Jul 2023 06:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71450

Actions (login required)

View Item View Item