Nurjanah, Tarisa (2023) Pengaruh bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri siswa : Penelitian di kelas XII SMK Negeri 8 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstra.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_BAB 1.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
5_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
6_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Pada usia remaja yang sedang menghadapi masalah tersebut yang sulit akan membedakan antara pilihan pekerjaan yang lebih disukai dengan apa yang dicita-citakan. Dari data yang diperoleh pada saat dilapangan penulis memperoleh data bahwa ada beberapa siswa kelas XII yang masih mengalami kebingungan untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja atau mengambil keputusan karir dan masih banyak siswa yang kebingungan untuk memilih jurusan untuk menuju ke jenjang perkuliahan apakah akan melanjutkannya ke pendidikan perguruan tinggi ataukah akan bekerja untuk meringankan ekonomi orangtua. Tujuan dari penelitian ini yaitu “untuk mengukur berapa persen Pengaruh dalam Bimbingan Karir Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa di kelas XII SMK Negeri 8 Bandung’ Penelitian ini bahwa dari bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri siswa ini terdiri dari eksplorasi karir, kompetensi informasional mengenai pilihan karir, Penerimaan/Penilaian Dirinya, Diri etik-moral dan diri pelaku. Bimbingan karir memiliki peran penting bagi siswa-siswi yang sedang diambang kebingungan untuk memasuki dalam dunia kerja agar lebih terbentuk untuk mempersiapkan diri, aktualisasi diri,melangsungkan kehidupan maka dari itu siswa siswi tersebut perlu adanya bimbingan karir dalam pembentukan konsep diri sisiwa ini untuk lebih membentuk karakter individu. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier dan juga menggunakan analisis data Microsoft excel 2010 dan aplikasi IBM SPSS 25. Dan juga menggunakan desain penelitian regresi linier sederhana. Sebab penelitian ini hanya memiliki dua variabel yaitu satu variabel X yakni Bimbingan Karir dan kedua yaitu variabel Y yakni Pembentukan Konsep Diri siswa kelas XII di SMK Negeri 8 Bandung. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen penelitian (angket). Hasil dari penelitian ini dilakukan melalui uji regresi linier sederhana yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa nilai sig. 0,010< alpha 0,05 maka HI diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh antara bimbingan karir dengan pembentukan konsep diri siswa terdapat besarnya pengaruh dengan hasil nilai R (koefisien determinasi) sebesar 0.461 yang artinya pengaruh bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri siswa yaitu sebesar 0.4612 x 100% = 21.25% yang artinya bimbingan karir hanya mampu menjelaskan konsep diri sebesar 21.25% selebihnya dipengaruhi oleh oleh variabel lain diluar penelitian. Hal ini menunjukan bahwa bimbingan karir terhadap pembentukan konsep diri siswa memiliki pengaruh positif terhadap pembentukan konsep diri siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Karir; Konsep Diri |
Subjects: | The Self Hypotheses Auxiliary Construction Practices |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Tarisa Nurjanah - |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 08:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71461 |
Actions (login required)
View Item |