Optimalisasi pemungutan Pajak Reklame pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi

Cahyati, Annisa Fatin Nur (2023) Optimalisasi pemungutan Pajak Reklame pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Pajak Reklame merupakan salah satu jenis pajak daerah yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, yang keberadaanya berpengaruh terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bekasi. Pesatnya pertumbuhan reklame pada Kabupaten Bekasi merupakan peluang pemerintah untuk meningkatkan pajak dalam hal pendapatan daerah. Namun, pada Bapenda Kabupaten Bekasi dalam penerimaan pajak reklame target realisasi dari penerimaan pajak reklame pada tahun 2019-2021 mengalami penurunan. Dalam proses pemungutannya masih terdapat beberapa hambatan yang menunjukan bahwa pemungutan pajak reklame yang dilakukan oleh Bapenda Kabupaten Bekasi belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi pemungutan pajak reklame pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi, dengan menggunakan teori optimalisasi pemungutan pajak dengan lima dimensi yang digagas oleh Ardian Sutedi (2008) yaitu memperluasan basis penerimaan, memperkuat proses pemungutan, meningkatkan pengawasan, meningkatkan efesiensi administrasi, serta meningkatkan kapasitas penerimaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Adapun untuk sumber data menggunakan data primer dan data sekunder, serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian adapun informan dengan penarikan sampel pupostive sampling dengan sampel sebanyak 4 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Optimalisasi pemungutan Pajak Reklame yang dilakukan pada tahun 2019-2021, merujuk pada teori optimalisasi pemungutan pajak belum cukup optimal. Hal tersebut karena dua dari lima indikator yang ada dalam teori sudah dilakukan dengan cukup baik. Kedua indikator yang dimaksud yaitu, meningkatkan efisiensi administrasi dan menekan biaya pemungutan, serta penerimaan perencanaan yang lebih baik. Meskipun tiga indikator lainnya yaitu memperluas basis peneriman, memperkuat proses pemungutan serta meningkatkan pengawasan dalam pemungutan pajak belum optimal karena terdapat kelemahan yaitu belum akuratnya basis data objek pajak, lamanya proses penetapan peraturan daerah, tidak dilakukannya pemeriksaan pada pajak reklame, serta rendahnya kepatuhan para wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah; Optimalisasi; Pajak Reklame
Subjects: Public Finance
Public Finance > Taxes and Taxation
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annisa Fatin Nur Cahyati
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:42
Last Modified: 18 Jul 2023 07:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71462

Actions (login required)

View Item View Item