Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon tahun 1993-2017

Apriadi, Edi (2023) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon tahun 1993-2017. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (883kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy adalah salah satu pondok pesantren yang terdapat di wilayah Cirebon lebih tepatnya di desa Babakan Ciwaringin. Desa ini dikenal sebagai kampung santri karena terdapat kurang lebih 42 pesantren dalam satu desa dan Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy ini adalah salah satu yang pondok pesantren yang besar yang terdapat di wilayah desa Babakan karena pada saat ini jumlah santrinya mencapai 1.000 orang lebih. Namun walau begitu masih banyak orang yang belum tahu mengenai perjalanan Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy beserta Perkembangannya dari awal didirikannya sampai saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah didirikannya Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy dan proses perkembangannya, Metode yang penulis gunakan untuk penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian sejarah yang mana metode penelitan sejarah memiliki empat tahapan diantaranya; pertama tahapan heuristik yaitu pengumpulan data dan sumber, kedua tahapan kritik, ketiga tahapan interpretasai, dan yang keempat tahapan historiografi. Jenis pengumpulan sumber dan data, penulis lansung terjun ketempat Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy berada yakni tepatnya di Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, sumber primer berupa observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai sejarah serta perkembangan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini penulis memaparkan sejarah berdirinya pondok pesantren, perkembangan pondok pesantren yang dimulai dari lembaga Pendidikan yang ada di dalamnya, sarana dan prasarana, kurikulum pendidikan, dan ekstrakurikuler yang terdapat di dalamnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sejarah dan Perkembangan; Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy.
Subjects: History, Events
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: edi apriadi
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:27
Last Modified: 20 Jul 2023 00:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71467

Actions (login required)

View Item View Item