Pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap Earnings Growth pada PT. Astra Agro Lestari Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2022

Alvahdi, Muhammad Raihan (2023) Pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap Earnings Growth pada PT. Astra Agro Lestari Tbk yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Ketidakmampuan perusahaan dalam menghasilkan laba akan menyebabkan tergangunya kegiatan operasionalnya. Pertumbuhan laba salah satunya diukur menggunakan Current Ratio yang merupakan ukuran yang paling umum digunakan untuk mengetahui kesanggupan memenuhi kewajiban jangka pendek. Net Profit margin, rasio ini mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan keuntungan pada tingkat penjualan, aset, dan modal saham tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin terhadap pertumbuhan laba atau Earnings Growth. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Pengaruh Current Ratio secara parsial terhadap Earnings Growth; 2) Pengaruh Net Profit Margin secara parsial terhadap Earnings Growth; 3) Pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin secara simultan terhadap Earnings Growth pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis asosiatif yang meliputi analisis regresi linier dan berganda, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi, analisis uji hipotesis yaitu uji signifikan parsial (uji t) dan uji signifikan simultan (uji f). Pengelolaan data menggunakan aplikasi SPSS for windows versi 20.0 sebagai penunjang pengelolahan data awal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Astra Agro Lestari Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Current Ratio di PT. Astra Agro Lestari Tbk. secara parsial tidak terdapat hubungan antara Current Ratio terhadap Earnings Growth, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai -1,047 < 2,228 maka Ho diterima dan Ha ditolak dengan tingkat signifikansi 0,320 dan nilai koefisien determinasi sebesar 9,9%. 2) Net Profit Margin di PT. Astra Agro Lestari Tbk. secara parsial tidak terdapat hubungan antara Net Profit Margin terhadap Earnings Growth, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan thitung < ttabel dengan nilai 1,878 < 2,228 maka Ho diterima dan Ha ditolak, dengan tingkat signifikansi 0,090 dan koefisien determinasi sebesar 26,1%. 3) Secara simultan, Current Ratio dan Net Profit Margin di PT. Astra Agro Lestari Tbk tidak berpengaruh terhadap Earnings Growth, diperoleh hasil pengujian hipotesis menunjukan Fhitung < Ftabel dengan nilai 1,587 < 4,26 maka H0 diterima dan Ha ditolak, dengan tingkat signifikansi 0,257 dan nilai koefisien determinasi sebesar 26,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Net Profit Margin; Earnings Growth;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Raihan Alvahdi
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:27
Last Modified: 20 Jul 2023 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71484

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item