Pelaksanaan akad ijarah pada perjanjian sewa lahan dagang perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang

Apriyani, Karnita (2023) Pelaksanaan akad ijarah pada perjanjian sewa lahan dagang perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Ijarah sangat banyak dilakukan oleh masyarakat modern saat ini, diantaranya adalah praktik Ijarah yang dilakukan di Citali, Pamulihan, Sumedang. Dalam praktiknya, Tata Cara pembayaran sewa yang tidak merata mengakibatkan adanya pihak yang kehilangan haknya karena lahan yang telah disewa di awal perjanjian ternyata disewakan ulang oleh pengelola kepada orang lain apabila Musta’jir tidak berdagang walaupun batas waktu kontraknya masih berjalan. Sedangkan pihak pengelola sendiri menghasilkan keuntungan lebih dari penarikan uang sewa terhadap pedagang yang lain. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui tata cara sewa menyewa lahan dagang di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang. Mengetahui Tinjauan HES terhadap pelaksanaan sewa lahan dagang di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang dihubungkan dengan ketentuan-ketentuan akad Ijarah, serta mengetahui analisis peneliti terhadap tinjauan HES dalam pelaksanaan sewa menyewa lahan dagang di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris yaitu mempelajari hukum yang berlaku dengan peristiwa sosial setempat ,dan bersifat deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil lapangan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif (diperoleh langsung dari wilayah penelitian). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengumpulkan sumber data primer (langsung dari sumber utama) dan data sekunder (penunjang data primer). Kemudian sumber data yang diperoleh di lapangan dihubungkan dengan teori-teori Hukum Ekonomi Syariah yang berkaitan dengan ketentuan-ketentuan Ijarah kemudian ditarik kesimpulan. Kerangka berfikir dari penelitian ini adalah mengetahui terlebih dahulu asas berakad dalam muamalah dan ketentuan Ijarah kemudian dikaitkan dengan praktik sewa lahan dagang di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang sehingga dapat ditarik hasil dan kesimpulannya apakah sudah sesuai dengan ketentuan HES atau belum. Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukan bahwa Penerapan akad Ijarah pada perjanjian sewa menyewa lahan dagang di pasar minggu Citali, Pamulihan, Sumedang ini sudah sepenuhnya memenuhi rukun dan syarat sahnya akad Ijarah dalam hukum islam. Namun belum sepenuhnya memenuhi ketentuan Hukum Ekonomi Syariah apabila dilihat dari harga dan jangka waktu Ijarah . Karena adanya wanprestasi dalam akad yaitu dengan menyewakan kembali lahan yang sudah di sewakan kepada orang lain walaupun waktu kontrak nya masih ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ijarah; Sewa; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Economic of Land and Energy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Karnita Apriyani
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:45
Last Modified: 20 Jul 2023 01:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71502

Actions (login required)

View Item View Item