Pengembangan bahan ajar Computational Thinking-Creative Problem Solving (CT-CPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls

Firdaus, Muhammad Wildan (2023) Pengembangan bahan ajar Computational Thinking-Creative Problem Solving (CT-CPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar Computational Thinking-Creative Problem Solving (CT-CPS), keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar Computational Thinking-Creative Problem Solving (CT-CPS), dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan metode pendekatan 4D yaitu define, design, develop, disseminate. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Muhammadiyah 4 dengan sampel penelitian satu kelas yakni kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 4 berjumlah 30 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi para ahli, lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis yaitu Autentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activity Sheet (AABTLT With SAS), dan juga tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai validitas uji Gregory, n gain, dan uji t-paired sample test. Hasil penelitian memperoleh 1) Bahan Ajar CT CPS pada materi momentum dan impuls mendapatkan interpretasi layak dengan nilai validitas uji Gregory yang didapatkan sebesar 0,95. 2) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan selama tiga pertemuan mendapatkan nilai rata-rata 82,94% yang berarti efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls mendapatkan nilai rata-rata n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Hasil uji t-paired sample test memperoleh nilai thitung sebesar 47,83 dengan nilai ttabel sebesar 2,04. Maka, thitung > ttabel berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar CT-CPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar CT-CPS; Kemampuan Pemecahan Masalah; Momentum dan Impuls
Subjects: Elementary Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Wildan Firdaus
Date Deposited: 20 Jul 2023 00:58
Last Modified: 20 Jul 2023 00:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71504

Actions (login required)

View Item View Item