Penerapan Lembar Kerja berbasis Proyek pada pembuatan Hand Sanitizer Cair dari ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera L.,) untuk mengembangkan kinerja ilmiah mahasiswa

Herlinda, Vena (2023) Penerapan Lembar Kerja berbasis Proyek pada pembuatan Hand Sanitizer Cair dari ekstrak Lidah Buaya (Aloe Vera L.,) untuk mengembangkan kinerja ilmiah mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya melakukan penerapan lembar kerja (LK) berbasis proyek pada materi pemanfaatan bahan alam. Dalam pembelajaran kimia, hand sanitizer merupakan salah satu produk pemanfaatan bahan alam dalam bidang kosmetikal. Pada penelitian ini, dilakukan pembuatan hand sanitizer menggunakan bahan tambahan ekstrak lidah buaya sebagai pelembab dan whey kefir sebagai zat antimikroba yang membantu peran alkohol dalam membunuh bakteri pada tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan lembar kerja berbasis proyek, kinerja ilmiah berupa aktivitas dan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis proyek dalam pembuatan produk hand sanitizer cair dari ekstrak lidah buaya (Aloe vera L.,) serta hasil karakterisasi hand sanitizer dari ekstrak lidah buaya. Metode penelitian pre eksperiment dan desain penelitian one shoot case study digunakan pada penelitian ini dengan subjek penelitian mahasiswa yang mengikuti mata kuliah kimia organik bahan alam lanjut semester VI Program studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tampilan lembar kerja berbasis proyek meliputi enam tahapan yaitu mengidentifikasi masalah, mendesain proyek, melaksanakan penelitian, menyusun draft/prototype, penilaian produk, evaluasi dan publikasi produk. Adapun penerapan lembar kerja berbasis proyek terlaksana dengan sangat baik sesuai deskripsi pembelajaran dengan presentase 94%. Kinerja mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja secara keseluruhan sangat baik dengan rata-rata 90%. Hand sanitizer yang memiliki karakteristik terbaik adalah hand sanitizer F3 dengan pH 7, kecepatan mengering 02.52 detik, kelembaban 60%, dan diameter hasil uji antibakteri 6 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja berbasis proyek; hand sanitizer; lidah buaya; whey kefir; kinerja ilmiah mahasiswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Chemists
Organic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Vena Herlinda
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:07
Last Modified: 20 Jul 2023 01:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71513

Actions (login required)

View Item View Item