Pengaruh Aset Tidak Lancar (Non Current Assets) terhadap Total Assets pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk periode 2015-2022

Nurpadilah, Ayu Anisa (2023) Pengaruh Aset Tidak Lancar (Non Current Assets) terhadap Total Assets pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk periode 2015-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara teori dengan kondisi laporan keuangan pada PT Ultrajaya Milk Industry Tbk. Aset tidak lancar merupakan bagian dari Total Assets. Oleh sebab itu, ketika Aset Tidak Lancar mengalami kenaikan maka Total Assets pun mengalami kenaikan begitupun sebaliknya. Komponen Aset Tidak Lancar yang menjadi objek penelitian ini ialah Investasi Jangka Panjang, Aset Tetap, Aset Tak Berwujud, dan Aset Pajak Tangguhan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Investasi Jangka Panjang secara parsial terhadap Total Assets; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Aset Tetap terhadap Total Assets; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Aset Tak Berwujud secara parsial terhadap Total Assets: untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Aset Pajak Tangguhan terhadap Total Assets; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Investasi Jangka Panjang, Aset Tetap, Aset Tak Berwujud dan Aset Pajak Tangguhan secara simultan terhadap Total Assets. Kerangka berpikir penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Aset Tidak Lancar berpengaruh positif terhadap Total Assets yang berarti apabila Aset Tidak Lancar mengalami Kenaikan maka Total Assets pun mengalami kenaikan begitu pula sebaliknya apabila Aset Tidak Lancar mengalami penurunan maka Total Assets pun mengalami penurunan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode desktiptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan ialah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. Periode 2015-2022. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineartitas, uji heteroskedastisistas, uji autokorelasi), analisis uji asosiatif (analisis uji regresi, analisis uji korelasi, analisis uji koefisien determinasi), analisis uji hipotesis (analisis uji parsial atau uji t dan analisis uji simultan atau uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa Investasi Jangka Panjang secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Total Assets; Aset Tetap secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Total Assets; Aset Tak Berwujud secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Total Assets; Aset Pajak Tangguhan secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Total Assets; Investasi Jangka Panjang, Aset Tetap, Aset Tak Berwujud dan Aset Pajak Tangguhan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Total Assets.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aset Tidak Lancar; Total Assets
Subjects: Econmics
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ayu Anisa Nurpadilah
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:27
Last Modified: 20 Jul 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71542

Actions (login required)

View Item View Item