Perencanaan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas hafalan santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Amanah Ummah Putri Cicukang Bandung

Afiatunisa, Melani (2023) Perencanaan pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas hafalan santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Amanah Ummah Putri Cicukang Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan umat Islam untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an dari kesalahan-kesalalahan dalam membaca Al-Qur’an. Dewasa ini fenomena tahfidz Al-Qur’an menjamur dengan luasnya di Indonesia, banyak pondok pesantren berlomba-lomba memberikan program terbaik mereka untuk menarik minat para penghafal Qur’an. salah satu pondok itu adalah Pondok Pesantren Amanah Ummah, Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memvisualisasikan proses perencanaan Pondok Pesantren Amanah Ummah, yang ditinjau dari segi program dan hasil program itu sendiri, sebagai upaya yang dilakukan pondok pesantren untuk meningkatkan kualias hafalan santri. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan G.R Terry. Yang memuat proses perencanaan, program dan hasil, sehingga dapat dirincikan proses perencanaan program tahfidz di Pondok Pesantren Amanah Ummah Putri Cicukang Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu untuk memberikan gambaran secara rinci bagaimana proses perencanaan yang dilakukan Pondok Pesantren Amanah Ummah, bagaimana program pondok pesantren dan hasil dari program tersebut sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas hafalan santri dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses perencanaan Pondok Pesantren Amanah Ummah dalam meningkatkan kualitas hafalan santri dilakukan melalui beberapa tahap yaitu merumuskankan sasaran program, menetapkan metode dan strategi menghafal, memilih tenaga pengajar, menentukan target ziyadah dan murojaah, serta melakukan evluasi. Program yang dihasilkan dari perencanaan tersebut adalah program inti dan tambahan. Program inti meliputi tahfidz fajar dan majlis malam . Sedangkan program tambahan adalah program yang dianjurkan untuk diikuti seperti kubro bil-ghaib, pengabdian, riyadhah, dan wisuda. Adapun hasil dari program tersebut efektivitas santri dalam melaksanakan kubro bi-ghaib menjadi lebih cepat dari waktu yang diperlukan santri pada umumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Pondok Pesantren; Kualitas; Hafalan;
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: melani afiatu nisa
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:05
Last Modified: 20 Jul 2023 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71560

Actions (login required)

View Item View Item