Beban ganda perempuan pekerja tekstil dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : Penelitian di Kawasan Tekstil Cigondewah Kota Bandung

Maulana, Ina Dewi (2023) Beban ganda perempuan pekerja tekstil dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga : Penelitian di Kawasan Tekstil Cigondewah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Beban Ganda merupakan suatu ketidak adilan gender yang sekali orang tidak menyadarinya namun semakin marak terjadi terhadap para perempuan yang sudah berumah tangga. Terjadinya beban ganda pada perempuan pekerja tekstil ini karena mereka memilih bekerja untuk dapat mencapai kesejahteraan dalam keluarga, dan beban ganda ini terjadi pada para perempuan pekerja tekdtil di Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran umum profil perempuan pekerja di Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC), bagaimana peran perempuan para pekerja tekstil di Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC) dalam mengatur kewajibannya di rumah dan di tempat kerja,bagaimana dampak para perempuan yang memiliki beban ganda di Kawasan Industri Tekstil Cigondewah (KTC) untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori sosiologi gender yaitu teori Fungsionalisma dari Mirriam Johson, Miriam Johnson mengemukakan bahwasannya terdapat ketimpangan pada perempuan dalam suatu keluarga patriarki. Yang dimana dalam keluarga ini perempuan di tuntut untuk mengurusi anak, dan melayani suami. Dimana suami hanya bertugas untuk mencari nafkah akan tetapi perempuan selalu di pandang rendah. (Ritzer 2015, 381-383) Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dengan menggunakan metode yaitu metode deskriptif. Data yang dikumpulkan serta data yang di dapat melalui data primer dengan melakukan wawancara kepada narasumber dan data sekunder dengan memproleh data dari buku, skripsi, jurnal. Lalu teknik pengumpulan data menggunakan cara dengan wawancara mendalam jenis wawancara semi terstruktur. Dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perempuan pekerja tekstil bekerja atas kemauan dirinya sendiri dengan alasan ingin memperoleh kesejahteraan keluarga demi terpenuhinya segala kebutuhan yang meningkat dalam kehidupan. Dengan mereka bekerja terdapat beban ganda yang mereka dapatkan karena mereka harus mengemban tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dan sebagai tenaga kerja, sehingga mereka memperoleh dampak negatif merasa terlalu kelelahan dan kewalahan akan tetapi dengan mereka bekerja kesejahteraan keluargapun tercapai dan itu merupakan dampak positifnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Beban Ganda; Perempuan; Pekerja Tekstil;
Subjects: Social Groups > Gender
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Textiles
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ina Dewi Maulana
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:00
Last Modified: 20 Jul 2023 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71588

Actions (login required)

View Item View Item