Evaluasi pelaksanaan Permenkop no. 15 tahun 2015 mengenai Sertifikasi Standar Kompetensi pada Pengelola Koperasi Simpan Pinjam di Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung

Rahmi, Yoiko Aliviannisya (2023) Evaluasi pelaksanaan Permenkop no. 15 tahun 2015 mengenai Sertifikasi Standar Kompetensi pada Pengelola Koperasi Simpan Pinjam di Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini hasil sertifikasi merupakan hal penting untuk membuktikan kemampuan seseorang atau hasil melaksanakan uji standar kompetensi. Koperasi juga memberikan peraturan bahwa adanya kewajiban dari pengelola untuk memiliki sertifikasi standar kompetensi, terutama pada koperasi simpan pinjam. Dengan adanya sertifikasi standar kompetensi akan membuat peningkatan terhadap kualitas pengelola koperasi menjadi profesional. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung adalah menyelenggarakan sertifikasi uji kompetensi yang diisi dengan pembekalan atau pemberian materi dan melakukan ujian standar kompetensi. Dalam pelaksanaan sertifikasi uji standar kompetensi yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung telah diikuti kurang lebih sekitar 150 koperasi selama 5 tahun dimulai dari 2018. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan sertifikasi uji standar kompetensi yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menganalisis mengenai pelaksanaan sertifikasi uji kompetensi di Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung menggunakan teori dari Bridgman dan Davis yang terdapat empat dimensi melihat dari input, process, output, dan outcome. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti dari sumber data yang telah dikumpulkan dan juga dianalisis bahwa pelaksanaan sertifikasi uji standar kompetensi yang ada di dinas UMKM kota Bandung belum optimal karena anggaran terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Koperasi; Uji Kompetensi; Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung;
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Yoiko Aliviannisya Rahmi
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:40
Last Modified: 20 Jul 2023 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71607

Actions (login required)

View Item View Item