Nurhasanah, Melinda (2022) Pengembangan komik sains sebagai media pembelajaran pada materi pokok sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA masih sedikit yang digunakan. Saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku paket dan LKS sehingga kebanyakan siswa tidak tertarik untuk memperhatikan pelajaran dan melakukan kegiatan lain seperti mengajak teman di sampingnya bercerita dan keluar masuk kelas. Komik sains pada materi pokok sistem ekskresi ini dibuat sendiri oleh peneliti melalui beberapa tahap pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan media pembelajaran komik sains pada materi pokok Sistem Ekskresi; mendeskripsikan kelayakan dari media pembelajaran komik sains pada materi pokok Sistem Ekskresi; serta menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran komik sains pada materi pokok Sistem Ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model 3D. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru IPA, siswa berjumlah 10 orang untuk uji keterbacaan, dan 30 siswa saat uji respon skala besar. Instrumen penelitian terdiri dari uji ahli materi, uji ahli media, uji guru IPA, uji keterbacaan, dan uji respon. Hasil penelitian ini yaitu tahap-tahap pengembangan media komik sains terdiri atas tahap define, tahap design, dan tahap develop (pengembangan). Setelah menghasilkan komik dalam kategori sangat terbaca dan layak. Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran menunjukan hasil yang memuaskan. Hal tersebut dapat dilihat dari skor nilai validasi ahli materi 3,6 dengan kategori valid dilihat dari aspek kualitas materi, isi materi dan kebahasaan. Skor nilai dari ahli media 3,9 dengan kategori valid dari aspek tampilan media, penyajian isi materi, fungsi dan manfaat media. Skor nilai validasi guru IPA 4,2 dengan kategori sangat valid dilihat dari aspek kualitas materi, isi materi, kebahasaan, media, penyajian isi materi, fungsi dan manfaat media. Skor nilai uji kepraktisan 4 dengan kategori kepraktisan tinggi dinilai dari aspek materi, media, dan manfaat media. Skor presentase uji keterbacaan siswa 83% dengan kategori sangat terbaca dinilai dari aspek materi, media, dan manfaat media. Skor presentase uji respon siswa 80% dengan kategori menarik dinilai dari aspek media, materi, kebahasaan, penggunaan, dan manfaat media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Komik; Media Pembelajaran; Sistem Ekskresi; Komik Sains |
Subjects: | Biology Human Anatomy, Cytology, Histology Human Anatomy, Cytology, Histology > Urogenital Organs, Kidney |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Melinda Nurhasanah Aryo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 02:33 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 02:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71613 |
Actions (login required)
View Item |