Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Trading Binary Option di aplikasi Olymp Trade di Kota Bandung

Wardana, Fariz Aldo (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Trading Binary Option di aplikasi Olymp Trade di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Pada akhir tahun 2019 dunia dilanda wabah mematikan bernama virus covid-19 dimana peristiwa ini mengharuskan masyarakat untuk melakukan aktifitas didalam rumah, dengan kemajuan teknologi, masyarakat mencari alternatif penghasilan dengan melakukan trading binary option. Trading binary option adalah sebuah aktifitas perdagangan yang memprediksi arah harga suatu intrumen keuangan seperti mata uang, saham, komoditas maupun kripto. Trading binary option ini dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah broker aplikasi olymp trade Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah seperti apa sistem kerja trading di aplikasi olymp trade dan bagaimana pandangan hukum ekonomi syariah terhadap trading binary option, seperti apakah telah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli dalam Islam juga bagaimana fatwa DSN-MUI terhadap trading binary option. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mempelajari, menganalisis, mendalami dan menelaah kegiatan yang terjadi dilapangan secara alami. Jenis data yang digunakan penulis pada penelitian ini merupakan jenis data kualitatif. Sumber data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan literatur lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa trading binary option di aplikasi olymp trade tidak memenuhi unsur rukun dan syarat jual beli yaitu dengan tidak adanya unsur subjek, objek maupun sighat akad. Karena pada hakikatnya, yang diperdagangkan hanya menebak harga suatu instrumen pasar bukan benda, juga broker dalam hal ini olymp trade bukan sebagai penjual, namun hanya perantara saja, dan dalam Fatwa DSN MUI Nomor 28/DSN- MUI/III/2002 tentang jual beli mata uang (al sharf) pada poin D menyatakan transaksi option adalah transaksi yang mengandung unsur maysir yaitu menebak-nebak suatu harga akan naik atau turun hukumnya haram karena tidak ada kepastian harga didalamnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Trading Binary Option; Olymp Trade; Fatwa DSN MUI Nomor 28/DSN- MUI/III/2002 tentang jual beli mata uang (al sharf);
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Administration of Economy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Fariz Aldo Wardana
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:24
Last Modified: 20 Jul 2023 03:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71615

Actions (login required)

View Item View Item