Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Current Ratio (CR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Pt. Xl Axiata Tbk. Periode 2012-2021

Subky, Naufal Taqiyyuddin (2023) Pengaruh perputaran kas dan perputaran piutang terhadap Current Ratio (CR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Pt. Xl Axiata Tbk. Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari suatu perusahaan ialah untuk mencapai laba yang optimal. Untuk menilai kinerja suatu perusahaan yaitu melalui laporan keuangan perusahaan salah satunya menggunakan rasio likuiditas yaitu Current Ratio (CR). Salah satu faktor yang mempengaruhi Current Ratio (CR) yaitu perputaran kas dimana rasio ini berguna untuk melunasi kewajiban serta beban beban lain. serta faktor Perputaran Piutang merupakan rasio untuk memperkirakan waktu yang dibutuhan saat penagihan piutang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Perputaran Kas secara persial terhadap Current Ratio (CR), menganalisis pengaruh Perputaran Piutang secara persial terhadap Current Ratio (CR), dan menganalisis Perputaran Kas dan Perputaran Piutang secara simultan terhadap Current Ratio (CR) pada PT. XL Axiata Tbk. Kerangka berpikir yang di gunakan didalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat para ahli dan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa naik turunnya Perputaran Kas dan Perputaran Piutang berpengaruh terhadap Current Ratio (CR). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report PT. XL Axiata Tbk. periode 2012-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis deskriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for Windows Version 26 dan Microsoft Excel 2016 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Perputaran Kas tidak berpengaruh signifikan terhadap Current Ratio (CR), hal ini ditujukan dengan nilai t_hitung < t_tabel yaitu -1.574 < 2,306 dan koefisien determinasi sebesar 23,6%. Secara parsial Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Current Ratio (CR) yang ditunjukan dengan nilai t_hitung > t_tabel yaitu -4,485 > 2,306 dan koefisien determinasi sebesar 71,5%. Kemudian secara simultan Perputaran Kas dan Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Current Ratio (CR) yang ditunjukan oleh nilai f_hitung > f_tabel yaitu 12,262 > 4,74 dan koefisien determinasi sebesar 77,8% pada PT. XL Axiata Tbk, Tbk periode 2012-2021. Kata Kunci: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Current Ratio (CR)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Piutang; Current Ratio (CR)
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools
General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Naufal Taqiyyuddin Subky
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:12
Last Modified: 20 Jul 2023 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71623

Actions (login required)

View Item View Item