Pengaruh Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Surya Semesta Internusa Tbk periode 2007-2021

Ummah, Dhea Wahdatul (2023) Pengaruh Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Surya Semesta Internusa Tbk periode 2007-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM) yang berpengaruh terhadap pendapatan dan akan berpengaruh terhadap laba perusahaan, maka hal tersebut secara teori akan berpengaruh pula terhadap Return Saham. Teori menyatakan apabila Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM) mengalami kenaikan maka Return Saham pun akan ikut naik, begitupun sebaliknya. Tetapi dalam penelitian ini terdapat ketidaksesuaian antara teori dengan data yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Gross Profit Margin (GPM) secara parsial terhadap Return Saham, 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Operating Profit Margin (OPM) secara parsial terhadap Return Saham, 3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Return Saham 4) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan terhadap Return Saham. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasi PT. Surya Semesta Internusa Tbk periode 2007-2021. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan kepustakaan. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis uji asosiatif, dan analisis uji hipotesis (analisis uji t dan analisis uji f). Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Gross Profit Margin (GPM) secara parsial positif berpengaruh tidak signifikan terhadap Return Saham dengan nilai thitung 0,066 < 2,179, 2) Operating Profit Margin (OPM) secara parsial positif tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai thitung -0,034 < 2,179, 3) Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai thitung 0,424 < 2,179, 4) Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai R Square sebesar 0,252 atau 25,2% dan nilai Fhitung 1,233 < 3,59.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), Net Profit Margin (NPM), Return Saham
Subjects: Econmics
Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Dhea Wahdatul Ummah
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:11
Last Modified: 24 Jul 2023 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71624

Actions (login required)

View Item View Item