Nilai-nilai karakter dalam Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 menurut para Mufassir dan implementasinya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Nuraeni, Nuraeni (2023) Nilai-nilai karakter dalam Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 menurut para Mufassir dan implementasinya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia menyatakan bahwa terdapat temuan kasus perundungan yang terus meningkat kisaran 30-60 kasus per tahun. Lebih dari itu, secara global Indonesia menduduki peringkat kelima dalam kasus perundungan. Selain itu, Indonesia merupakan negara mayoritas Muslim akan tetapi banyaknya perilaku asosial mulai dari kanak-kanak hingga dewasa diantaranya, tawuran, pembullyan, pergaulan bebas, saling mencela serta mengejek, tidak hadirnya sikap toleransi, berpikiran negatif dan perilaku menyimpang lainnya yang bertentangan dengan ajaran Islam. Peristiwa diatas, membutuhksan perhatian dikalangan pendidik dan fenomena tersebut perlu ditindak lanjuti dengan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tafsir surat Al- Hujurat ayat 11- 13 menurut para Mufassir; 2) Nilai-nilai karakter dalam Q.S Al- Hujurat ayat 11- 13 menurut para Mufassir; 3) Implementasi Nilai-nilai karakter dalam Q.S Al- Hujurat ayat 11- 13 pada pembelajaran PAI. Landasan penelitian ini merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Fadilah dkk bahwasannya nilai-nilai karakter berhubungan dengan tingkah laku. Dalam proses pembentukan karakter, baik disadari atau tidak akan berpengaruh kepada mindset seseorang kemudian tercermin dalam perkataan dan perbuatannya sehari-hari. (Fadilah et al., 2021). Selain itu implementasi pembelajaran PAI bersifat dinamis yaitu selalu mengalami perubahan dari waktu kewaktu, menyelaraskan dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menjadikan ruang lingkupnya menjadi kompleks (Saleh, 2005). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Alat pengumpul data yaitu peneliti itu sendiri, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al-Misbah, buku, artikel jurnal dan karya ilmiah lainnya yang isinya melengkapi data yang diperlukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ayat 11 menyatakan bahwasannya orang beriman tidak boleh saling menghina antar golongan baik itu kaum perempuan maupun laki-laki dan saling memberi gelar atau panggilan yang buruk. Pada ayat 12 menyatakan bahwasannya orang beriman tidak boleh saling berburuk sangka, mencari-cari aib orang lain dan menggunjing. Pada ayat 13 menyatakan bahwasannya Allah SWT telah menciptakan manusia berbangsa dan bersuku untuk saling kenal mengenal. 2) Nilai-nilai karakter dalam Q.S Al-Hujurat ayat 11-13 diantaranya: saling menghargai, berbaik sangka, toleransi, kesetaraan laki-laki dan perempuan dan menghormati perbedaan suku dan bangsa. 3) Implementasi pada pembelajaran PAI terdapat pada materi Al-Qur’an Hadis kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah I Bandung meliputi: tujuan pembelajaran, materi, metode, pendidik, peserta didik dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Karakter; Mufassir; Implementasi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuraeni Nuraeni
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:39
Last Modified: 20 Jul 2023 03:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71630

Actions (login required)

View Item View Item