Pengembangan perempuan dalam program sekolah perempuan capai impian dan cita-cita : Studi Kasus di Kampung Pasir Angling Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Kamila, Kamila (2023) Pengembangan perempuan dalam program sekolah perempuan capai impian dan cita-cita : Studi Kasus di Kampung Pasir Angling Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 1V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan sosial yang terjadi dimasyarakat terutama pada para perempuan Jawa Barat yang disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya faktor pendidikan dan faktor ekonomi. Ekonomi yang masih rendah serta pemahaman masyarakat yang masih tradisional sehingga adanya praktik-praktik seperti pernikahan dini, putus sekolah, kekerasan dalam rumah tangga, perceraian, fakir miskin serta perempuan rawan sosial. Pengembangan masyarakat merupakan bagian penting dalam membangun bangsa yang terberdaya terutama dalam pengembangan perempuan karena perempuan merupakan simbol kemajuan bangsa, pengembangan perempuan salah satunya dilakukan melaui Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pelaksanaan pengembangan perempuan melalui Program Sekoper Cinta (2) Faktor Pendukung dan penghambat dalam menjalankan pengembangan perempuan melalui Program Sekoper Cinta di (3) Dampak kondisi sosial ekonomi perempuan yang mengikuti pengembangan melalui Program Sekoper Cinta. Teori yang digunakan yaitu teori Struktural Fungsional Talcott Parsons yang kenal dengan istilah AGIL yaitu (A) adaption/ adaptasi, (G) goal attainment/ pencapaian tujuan, (I) integration atau integrasi, dan (L) laten pattern maintenance atau pemeliharaan pola. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dan teknik pegumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian pustaka. Hasil penelitian bahwa pengembangan perempuan dalam program sekoper cinta untuk memberdayakan perempuan dengam memberikan pembelajaran menggunakan modul pembelajaran Sekoper Cinta serta adanya pelatihan-pelatihan ketarampilan yang dapat menunjang kualitas hidup perempuan. Terdapat faktor pendorong pengembangan perempuan yaitu adanya dukungan dari pemerintah stempat, respon positif dari masyarakat, Fasilitator yang mumpuni dibidangnya, Dukungan dari suami serta fasilitas yang cukup memadai. Sedangkan Faktor penghambat dari pengembangan perempuan adalah waktu yang sering bertabrakan dengan pekerjaan dirumah dan sinyal yang kurang mendukung. Adapun dampak sosial ekonomi pengembangan perempuan dalam Sekoper Cinta yaitu adanya perubahan pola pikir mengenai kesetaraan gender, bertambah keterampilan dasar perempuan yang dengan itu membuka usaha warung, menjahit, usaha makanan, dibentuknya koperasi serta meningkatkan partisipasi dan keaktifan masyarakat baik di Kampung maUpun di Desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Perempuan; Sekoper Cinta; Kualitas Hidup;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Kamila Kamila
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:11
Last Modified: 20 Jul 2023 04:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71632

Actions (login required)

View Item View Item