Kontribusi pemerintah desa dalam menanggulangi pernikahan dini pada masyarakat desa : Penelitian tentang fenomena pernikahan dini di kalangan masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut

Nurhafidz, Adit (2023) Kontribusi pemerintah desa dalam menanggulangi pernikahan dini pada masyarakat desa : Penelitian tentang fenomena pernikahan dini di kalangan masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Maraknya pernikahan dini yang dilakukan di Desa Sukamanah menjadi sangat mengkhawatirkan, umumnya pernikahan dini yang terjadi di desa sukamanah terjadi karena minimnya pengetahuan tentang agama, kesiapan ekonomi, dan undang-undang yang mengatur tentang umur yang diperbolehkan untuk menikah, pemerintah desa tentunya berperan aktif dalam menanggulangi pernikahan dini di Desa Sukamanah dengan upaya membuat program-program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi program pemerintah desa dalam menanggulangi pernikahan dini di Desa Sukamanah. Mengungkapkan faktor yang melatarbelakangi masyarakat Desa sukamanah melakukan pernikahan dini. Mengetahui persepsi masyarakat mengenai pernikahan dini. Penerapan teori Struktural Fungsionalisme Talcott Parsons dalam penelitian ini membantu memahami fungsi sistem sosial, dalam teori struktural fungsionalisme, pernikahan dini dapat dianalisis dari perspektif interaksi sosial dan fungsi sosial yang diemban oleh institusi pernikahan dalam masyarakat. Teori ini memandang masyarakat sebagai sistem yang terdiri dari berbagai bagian yang saling terkait dan bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan sosial. Melalui metode penelitian, penelitian ini dapat memberikan gambaran yang mendalam tentang Kontribusi Pemerintah Desa Dalam Menanggulangi Pernikahan Dini. Dalam pengumpulan data, Teknik yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pemerintah desa dalam menanggulangi pernikahan dini dengan membuat program dalam bentuk himbauan dan sosialiasi berupa penyuluhan. Serta faktor yang melatarbelakangi masyarakat desa sukamanah melakukan pernikahan dini ialah karena adanya faktor budaya dan norma sosial, faktor ekonomi, faktor Pendidikan dan kesadaran individu. Persepsi masyarakat mengenai pernikahan dini bersifat positif dan negatif, masyarakat memandang pernikahan dini karena individu dianggap sudah dewasa dan agama tidak melarang pernikahan dini, namun jika dari sisi negative, masyarakat memandang bahwa pernikahan dini disebabkan karena hamil diluar nikah, dan takut dianggap perawan tua, dan menghambat individu untuk lebih maju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Dini; Kontribusi; Struktural Fungsional;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Culture and Institutions
Culture and Institutions > Marriage
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Aditiya Nurhafidz
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:29
Last Modified: 20 Jul 2023 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71634

Actions (login required)

View Item View Item