Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2013-2022

Ghiafani, Izmi Aulia (2023) Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Dividend Payout Ratio (DPR) menunjukan persentase laba yang dibayarkan dalam bentuk dividen. Persentase pembayaran dividen kepada investor dipengaruhi oleh profitabilitas suatu perusahaan dan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) dan Dividend Payout Ratio (DPR), pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial tehadap Dividend Payout Ratio (DPR), pengaruh Price Earning Ratio (PER) secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), serta pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) secara simultan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) yang diteliti pada PT. United Tractors Tbk. Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat ahli dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa ketika Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) naik, maka Dividend Payout Ratio (DPR) naik. Begitupun sebaliknya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. United Tarctors Tbk. periode 2013-2022. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji asosiatif, dan uji signifikansi.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Gambaran Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) dan Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT. United Tractors Tbk. Periode 2013-2022 mengalami perkembangan yang fluktuatif. Dengan nilai minimum Earning Per Share (EPS) sebesar 4,46%, maksimum sebesar 24,53% dan mean sebesar 10,0000%. Nilai minimun Price Earning Ratio (PER) sebesar 4,59%, nilai maksimum sebesar 17,83% dan mean sebesar 12,2250%. Nilai minimum Dividend Payout Ratio (DPR) sebesar 39,74%, nilai maksimum sebesar 123,31% pada tahun 2022 dan sebesar 53,1390%. (2) Secara parsial menyatakan Earning Per Share (EPS) terbukti berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Dengan nilai thitung 2,961 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 52,3%. (3) Secara parsial menyatakan Price Earning Ratio (PER) terbukti tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) Dengan t hitung -1,512 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 22,2%. (4) Secara simultan menyatakan Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terbukti berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Dengan nilai Fhitung 4,938 dan nilai koefisiensi determinasi sebesar 58,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share (EPS); Price Earning Ratio (PER); Dividend Payout Ratio (DPR);
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Izmi Aulia Ghiafani
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:33
Last Modified: 20 Jul 2023 04:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71638

Actions (login required)

View Item View Item